Naik Kereta Kelas Kepresidenan, Dapat Apa Saja? - Kompas.com

Naik Kereta Kelas Kepresidenan, Dapat Apa Saja?

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 07/08/2017, 19:03 WIB
Salah seorang Pramugara berpose di dalam gerbong kereta api wisata priority sesaat sebelum perjalanan dari Jogjakarta menuju Jakarta, Minggu (6/8/2017). Kereta wisata kelas priority ini memiliki fasilitas antara lain Audio Visual On Demain (AVOD) di setiap kursi penumpang, Mini Bar, TV 52 Inch, Crew Khusus, Toilet Khusus dan Kursi yang lebih nyaman dari kelas eksekutif, harga tiket mulai dari Rp 750.000 sudah termasuk jasa restorasi 1x makan dan minum.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBEL Salah seorang Pramugara berpose di dalam gerbong kereta api wisata priority sesaat sebelum perjalanan dari Jogjakarta menuju Jakarta, Minggu (6/8/2017). Kereta wisata kelas priority ini memiliki fasilitas antara lain Audio Visual On Demain (AVOD) di setiap kursi penumpang, Mini Bar, TV 52 Inch, Crew Khusus, Toilet Khusus dan Kursi yang lebih nyaman dari kelas eksekutif, harga tiket mulai dari Rp 750.000 sudah termasuk jasa restorasi 1x makan dan minum.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia kini memliki alternatif baru jika membutuhkan pelayanan maksimal dalam bepergian. Dengan Kereta Api Wisata Priority, Anda akan menikmati fasilitas dan pelayanan bak tamu kepresidenan.

Setelah diluncurkan dengan perjalanan perdananya, Kamis (3/8/2017), terungkap berbagai fasilitas yang bisa dinikmati penumpang selama perjalanan. KompasTravel berkesempatan mencoba perjalanan tersebut dari Jakarta ke Yogyakarta, dan pulang kembali Minggu (6/8/2017) dengan kereta yang sama.

Interior dan eksterior

Kereta dengan tarif Rp 750.000 saat promo ini memiliki interior yang begitu elegan. Anda yang belum pernah memasukinya akan terkesan saat mulai memasuki gerbong. Kayu jati melapisi semua dinding gerbong.

BACA: Sekarang Anda Bisa Naik Kereta Kelas Kepresidenan

Karpet bercorak coklat pun menambah elegan suasana, ditambah kursi yang dibalut kulit berwarna krem. AVOD (Audio Video on Demand) tertempel rapih di setiap belakang kursi penumpang. Letak bagasi kabin pun rapih tertutup seperti di pesawat udara.

"Interiornya bagus ya, jadi nyaman. Rileks juga liatnya," ujar Rina (32) Penumpang tujuan Kutoarjo kepada KompasTravel saat pemberangkatan perdana.

Suasana di dalam gerbong kereta api wisata priority saat perjalanan dari Jogjakarta menuju Jakarta, Minggu (6/8/2017). Kereta wisata kelas priority ini memiliki fasilitas antara lain Audio Visual On Demain (AVOD) di setiap kursi penumpang, Mini Bar, TV 52 Inch, Crew Khusus, Toilet Khusus dan Kursi yang lebih nyaman dari kelas eksekutif, harga tiket mulai dari Rp 750.000 sudah termasuk jasa restorasi 1x makan dan minum.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBEL Suasana di dalam gerbong kereta api wisata priority saat perjalanan dari Jogjakarta menuju Jakarta, Minggu (6/8/2017). Kereta wisata kelas priority ini memiliki fasilitas antara lain Audio Visual On Demain (AVOD) di setiap kursi penumpang, Mini Bar, TV 52 Inch, Crew Khusus, Toilet Khusus dan Kursi yang lebih nyaman dari kelas eksekutif, harga tiket mulai dari Rp 750.000 sudah termasuk jasa restorasi 1x makan dan minum.

Sedangkan eksteriornya memadukan warna cokelat dengan garis-garis emas dengan tulisan "Priority". Penggunaan warna tersebut merujuk pada kesan elegan dan eksklusif, tetapi beberapa wisatawan menilai warna emasnya kurang terlihat di malam hari.

"Belum keliatan elegannya, lis emasnya kurang nyala kalau malam. Malah jadi mati warnanya," ungkap Eko (38), salah satu penumpang tujuan Yogyakarta.

Makanan dan minuman

Para penumpang akan diberikan beberapa sesi makanan dan minuman secara cuma-cuma. Mulai dari welcome drink berupa jus jeruk, lalu makan malam lengkap dengan hidangan utama, penutup, dan buah.

BACA: Tak Mau Kalah dengan Jepang, Inilah Inovasi Kereta Wisata Indonesia

Untuk hidangan utama, pramugari dan pramugara sebagai pramusaji menawarkan dua pilihan hidangan. Mirip dengan pelayanan di pesawat udara. Seperti ayam hainan dan nasi goreng seafood pada keberangkatan Yogyakarta ke Jakarta, Minggu (6/8/2017).

Suasana di dalam gerbong kereta api wisata priority saat perjalanan dari Jakarta menuju Jogjakarta, Jumat (4/8/2017). Kereta wisata kelas priority ini memiliki fasilitas antara lain Audio Visual On Demain (AVOD) di setiap kursi penumpang, Mini Bar, TV 52 Inch, Crew Khusus, Toilet Khusus dan Kursi yang lebih nyaman dari kelas eksekutif, harga tiket mulai dari Rp 750.000 sudah termasuk jasa restorasi 1x makan dan minum.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Suasana di dalam gerbong kereta api wisata priority saat perjalanan dari Jakarta menuju Jogjakarta, Jumat (4/8/2017). Kereta wisata kelas priority ini memiliki fasilitas antara lain Audio Visual On Demain (AVOD) di setiap kursi penumpang, Mini Bar, TV 52 Inch, Crew Khusus, Toilet Khusus dan Kursi yang lebih nyaman dari kelas eksekutif, harga tiket mulai dari Rp 750.000 sudah termasuk jasa restorasi 1x makan dan minum.

Sementara itu, hidangan penutup yang disajikan seperti puding cokelat atau pastry. Buah jeruk juga dihidangkan bersamaan dengan paket makan malam.

Penumpang bisa bebas mengambil minum di mini bar, seperti kopi dan teh juga air mineral kemasan kecil. Anda juga bisa memanfaatkan air panas untuk keperluan lain, seperti menyeduh makanan instan yang dibawa sendiri.

Fasilitas

Toilet tersedia dengan kondisi yang selalu dibersihkan sepanjang perjalanan oleh tim kebersihan. Menggunakan closet duduk, lengkap dengan cermin besar, wastafel, pengering tangan, dan tisu toilet.

Di setiap belakang kursi penumpang disediakan AVOD (Audio Video on Demand) dengan tayangan film dan lagu-lagu barat. Hanya saja film dan lagu yang tersedia kebanyakan sudah lama, seperti Finding Nemo dan Life of Pi. Untuk menikmatinya, fasilitas ear phone disiapkan. Anda bisa memintanya kepada kru kabin.

"Ini hiburannya juga, masa filmnya anak-anak dan sudah jadul lagi. Coba lihat maskapai yang harganya lebih murah aja film sama lagunya update," ujar Tia (48), penumpang asal Jakarta.

Fasilitas di dalam gerbong kereta api wisata priority saat perjalanan dari Jogjakarta menuju Jakarta, Minggu (6/8/2017). Kereta wisata kelas priority ini memiliki fasilitas antara lain Audio Visual On Demain (AVOD) di setiap kursi penumpang, Mini Bar, TV 52 Inch, Crew Khusus, Toilet Khusus dan Kursi yang lebih nyaman dari kelas eksekutif, harga tiket mulai dari Rp 750.000 sudah termasuk jasa restorasi 1x makan dan minum.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBEL Fasilitas di dalam gerbong kereta api wisata priority saat perjalanan dari Jogjakarta menuju Jakarta, Minggu (6/8/2017). Kereta wisata kelas priority ini memiliki fasilitas antara lain Audio Visual On Demain (AVOD) di setiap kursi penumpang, Mini Bar, TV 52 Inch, Crew Khusus, Toilet Khusus dan Kursi yang lebih nyaman dari kelas eksekutif, harga tiket mulai dari Rp 750.000 sudah termasuk jasa restorasi 1x makan dan minum.

Bosan di tempat duduk, penumpang bisa beranjak ke minibar untuk berbincang sembari menikmati teh dan kopi. Sayangnya tidak disediakan tempat sampah untuk bekas kemasan kopi.

Dalam satu gerbong kereta prioritas ini hanya berisikan 30 penumpang, dari biasanya bisa 50 kursi untuk gerbong eksekutif biasa. Sehingga ruang duduk penumpang lebih leluasa, terutama pada bagian kaki.

Bagi yang ingin beristirahat, Anda bisa memanfaatkan bantal dan selimut besar yang disediakan secara gratis.

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar