Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Pakai Baju Adat Sunda di Karnaval Kemerdekaan 2017

Kompas.com - 22/08/2017, 22:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akan menggunakan baju adat Sunda saat menghadiri "Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017" di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/8/2017). Jokowi akan mengenakan baju beskap dipadukan batik bermotif Priangan.

"Memang batik-batik Priangan ini bagus-bagus ya. Kami sudah konsultasi dengan tetua adat di Priangan khususnya Kang Aat. Kalau (baju) Ibu Iriana nanti dipadukan dengan kebaya," kata anggota panitia Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017, Olga Lydia seusai jumpa pers di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Ia mengatakan pilihan baju beskap untuk Jokowi akan berwarna putih atau ungu. Sementara itu, untuk kain batik juga ada dua pilihan.

"Kita lihat batiknya karena banyak pilihannya. Antara motif Merak Ngibing atau gabungan beberapa motif dari Priangan," jelasnya.

BACA: Akhir Pekan Ini, Karnaval Kemerdekaan 2017 Digelar di Kota Bandung

Menurutnya, baju adat Sunda yang akan digunakan Jokowi dan Iriana disiapkan oleh lima desainer asal Jawa Barat. Olga menyebut salah satu desainer tersebut adalah Deden Iswanto.

"Dari tahun ke tahun Jokowi sangat senang hadir ke tengah masyarakat di karnaval dan bajunya ingin sesuai dengan adat istiadat," ujar Olga.

Jokowi dijadwalkan hadir dalam "Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017". Ia akan memimpin karnaval dari Kereta Pancasila, mobil hias yang dirancang oleh lima seniman asal Bandung.

BACA: 2.500 Peserta Lintas Komunitas Akan Ramaikan Karnaval Kemerdekaan di Bandung

Urutan karnaval dimulai dari drum band Changka Panorama Secara TNI-AD, Kuda Kavaleri TNI AD, kendaraan media (bandros), kendaraan Presiden RI, Anoa, kendaraan para menteri, dan kendaraan antik Presiden RI pertama, Soekarno.

Rombongan VVIP diikuti iringan Paskibra, Pramuka, Sisingaan Anak, Museum Kids Care Community, Asia Africa Student, kereta kencana, lingkung seni Dangiang Galuh Pakuan, masyarakat adat Jawa Barat, pencak silat, kuda renggong Sumedang, Keraton Kapangranan Gebang Cigugur, Historia Van Bandung, dan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).
 
Karnaval juga diikuti rombongan hobi dari Paguyuban Sepedah Baheula dan Persatuan Penggemar Mobil Kuno Indonesia. Disusul dengan parade kampung adat dan budaya yang mengetengahkan budaya Cigugur Kuningan, Kampung Naga Salawu Tasik, Kampung Adat Kuta Ciamis, Kampung Ujung Jaya Kadipaten Rancakalong Sumedang, Negara Banceuy Subang, Dukuh Pamengpeuk Garut, Cikondang Ciwidey, Adat Ciptagelar Sukabumi, Cangkuang Garut, Mahumud Kabupaten Bandung, Kampung Urug Bogor, Kampung Adat Giri Jaya Gunung Halimun Sukabumi, Kampung Budaya Sindang Barang Bogor, dan Keraton Sumedang Larang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com