6 Kopi Susu Kekinian, Yakin Sudah Coba Semuanya? - Kompas.com

6 Kopi Susu Kekinian, Yakin Sudah Coba Semuanya?

Sri Anindiati Nursastri
Kompas.com - 12/09/2017, 19:05 WIB
Kopi susu Tuku.INSTAGRAM/TUKU Kopi susu Tuku.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren es kopi susu disinyalir dimulai dari sebuah toko mungil di bilangan Cipete, Jakarta Selatan. Tuku, begitu nama toko tersebut, ketika sudah booming bahkan sempat disambangi Presiden RI Joko Widodo.

Pada dasarnya, bahan-bahan untuk membuat kopi susu itu sungguh sederhana. Kopi hitam, susu, dan gula aren adalah tiga bahan utama. Meski begitu, kopi susu sederhana itu rupanya disukai banyak orang. Dari situ, menjamurlah kedai-kedai kopi yang menjual kopi susu sebagai minuman signature.

KompasTravel mencicipi beberapa varian kopi susu "kekinian" yang dijual di pasaran sering dipesan secara online. Berikut daftarnya, Anda bisa mencobanya sendiri jika penasaran. 

1. Es Kopi Susu Tetangga

Es Kopi Susu Tetangga adalah nama minuman signature dari Tuku. Kedai kopi ini sekarang memiliki gerai di Jalan Cipete Raya dan Pasar Santa.

Kopi susu ini terdiri dari campuran kopi, susu, dan gula aren. Secara keseluruhan rasa kopi susu ini segar, tidak terlalu manis, dengan rasa pahit kopi yang masih "nendang" pada bagian akhir.

Harganya yang cukup terjangkau sepertinya menjadi benchmark bagi kedai kopi lainnya. Segelas Es Kopi Susu Tetangga dihargai Rp 18.000 saja.

2. Kopi Cuan Tulen

Kopi Cuan adalah nama kedai yang berlokasi di Pasar Minggu. Ada beberapa varian kopi populer seperti Kopi Cuan Tulen, Kopi Cuan Ngerum, dan Kopi Cuan Soklat.

Kopi Cuan Tulen menjadi favorit. Rasanya tidak terlalu manis, namun ada sedikit rasa asam dari kopi. Harganya sama dengan Es Kopi Susu Tetangga, yakni Rp 18.000.

3. Es Kopi Susu Animo 

Gerai roti Animo Bakery yang berlokasi di Jalan Cipete 1 No 6A, Jakarta Selatan, juga menyajikan varian es kopi susu yang cukup populer. 

Ada dua varian favorit yakni Es Kopi Susu Animo dan Es Kopi Moka Animo. Rasa kopi susu ini lebih ringan, dengan rasa kopi yang mild. Sayangnya, terkadang rasa es kopi susu di sini tidak konsisten. Harga segelas Es Kopi Susu Animo yaitu Rp 18.000.

4. Kopi Susu Oppa

Hanya ada satu minuman yang disuguhkan di Kopi Oppa yang berlokasi di bilangan Cempaka Putih, Jakarta Timur. Kopi Susu Oppa, begitu nama minumannya, dijual dengan harga lebih terjangkau yakni Rp 15.000. 

Ukuran kopinya lebih kecil dengan rasa yang lebih manis. Cocok untuk Anda yang bukan fanatik kopi.

5. Es Kopi Susu Kampung

Es Kopi Susu Kampung, begitu nama varian kopi yang disuguhkan di kedai bernama Di Bawah Tangga. Kedai milik aktor Nino Fernandez ini berlokasi di Gandaria City, Jakarta Selatan. 

Dengan harga Rp 19.000, es kopi susu satu ini bercita rasa cukup light. Kopinya tidak terlalu "nendang", namun tetap menyegarkan.

6. Es Kopi Susu

Terakhir adalah Es Kopi Susu yang disuguhkan Sagaleh, kedai yang disebut-sebut menjadi kompetitor utama Tuku. Dengan harga Rp 17.000, Anda bisa memilih untuk menggunakan gula atau tidak sama sekali.

Dari cita rasanya, kopi susu ini dicampur beberapa jenis rempah sehingga lebih hangat dan wangi. Cocok untuk Anda yang menyukai varian kopi yang unik.

PenulisSri Anindiati Nursastri
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM