Ngopi di Kafe Tak Harus Mahal, Coba Gerai Kopi Baru Ini - Kompas.com

Ngopi di Kafe Tak Harus Mahal, Coba Gerai Kopi Baru Ini

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 18/08/2017, 06:25 WIB
Barista MAXX Corner dengan perdana melayani konsumen di gerai kopi pertamanya di Plaza Semanggi, Jakarta, Rabu (16/8/2017).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Barista MAXX Corner dengan perdana melayani konsumen di gerai kopi pertamanya di Plaza Semanggi, Jakarta, Rabu (16/8/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktifitas minum kopi yang kini menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia, mendorong munculnya berbagai gerai kopi baru. Salah satu gerai baru yang menyuguhkan ragam kopi dan kudapan nusantara ialah MAXX Corner.

Gerai kopi baru ini secara resmi dibuka Rabu (16/8/2017). Kedai pertama yang berlokasi di lantai dasar Plaza Semanggi, Jakarta ini menjadi awal pembukaan gerai MAXX Corner lainnya.

"Konsumsi kopi nasional terus tumbuh dari 0,8 jadi 1,3 kilogram per kapita saat ini, tapi jika dilihat dari populasi masyarakatnya, tiap orang hanya minum 1,5 gelas kopi per tahun. Jadi kita ingin makin banyak lagi orang yang bisa minum kopi di Indonesia," ujar Vico Lomar, Chief Commercial Officer MAXX Corner pada acara pembukaan.

(BACA: Tempat Minum Kopi Asyik Bergaya London di Yogyakarta)

Berbeda dengan "kakaknya" MAXX Coffee yang lebih dulu lahir, MAXX Corner ingin menjangkau pasar yang lebih lebar.

Dengan ragam varian menu dan juga harga yang relatif terjangkau MAXX Corner mengajak kalangan anak muda hingga pekerja yang ingin rileks merasakan kopi nusantara.

(BACA: Saya Bangga Jadi Barista Kopi di Indonesia)

Menurut Vico, gerai kopi tersebut dikonsep lebih fun dan dinamis bagi semua kalangan. Dengan warna-warna yang cerah seperti oranye dan desain kafe yang terbuka. Selain itu dapur barista yang bisa dilihat langsung oleh pengunjung diharapkan lebih menawarkan kenyamanan.

Kue-kue lokal yang disajikan di gerai MAXX Corner, Plaza Semanggi Jakarta.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Kue-kue lokal yang disajikan di gerai MAXX Corner, Plaza Semanggi Jakarta.
"Di sini akan lebih dinamis, dari menunya juga ada latte buat yang muda, naik sedikit ada kopi tubruk, yang gak bisa ngopi kita ada bobba pops, cocok untuk menjangkau usia muda dan tua," ungkapnya.

Unsur lokalitas cukup diperhatikan, seperti kopi yang disajikan berasal dari petani kopi Java Ijen, Sumatera Mandailing, dan Bali Kintamani, bagi jenis arabikanya. Sedangkan biji kopi robusta didatangkan dari Lampung.

Selain itu ragam camilan yang bisa dikonsumsi di sini juga cukup unik bagi gerai kopi modern. MAXX Corner menyajikan aneka kue-kue lokal, seperti lupis, lapis sagu pandan, risol rogut, pastel hingga singkong goreng. Walaupun masih ada kudapan modern seperti lasagna, burger dan pizza.

Barista Indonesia penyandang gelar CTI Battle Latte Art Asia 2016, Viki Rahardja yang turut hadir dalam peresmian gerai baru ini mengatakan, banyak orang yang masih enggan menikmati kopi berkelas di coffee shop. Dengan ini harapannya lebih bisa banyak yang menikmati kopi berkelas dengan harga terjangkau.

Mengintip harga dari beberapa menunya, MAXX Corner menawarkan kopi mulai Rp 10.000 untuk kopi tubruk robusta, kopi lainnya hingga Rp 25.000. Untuk makanannya ada singkong goreng Rp 16.000, sandwich Rp 18.000, hot dog, dan cheese burger sama-sama Rp 24.000.

MAXX Corner ditargetkan membuka hingga 30 gerai sampai akhir tahun 2017 dan 100 gerai di akhir 2018. Penempatan kafe sendiri bisa di lantai-lantai dasar mal ataupun kawasan berkumpul anak muda di kota besar hingga kota-kota penyangga Indonesia.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM