Naik Bus Tingkat Pertama di Pulau Jawa, Bagaimana Rasanya? - Kompas.com

Naik Bus Tingkat Pertama di Pulau Jawa, Bagaimana Rasanya?

Silvita Agmasari
Kompas.com - 13/09/2017, 19:03 WIB
Bus tingkat pertama Wonogiri-Jakarta buatan PT Putera Mulya Sejahtera, diluncurkan di Terminal Giri Adipura, Wonogiri, Jawa Tengah, Kamis (22/12/2016). PT Putera Mulya Sejahtera Bus tingkat pertama Wonogiri-Jakarta buatan PT Putera Mulya Sejahtera, diluncurkan di Terminal Giri Adipura, Wonogiri, Jawa Tengah, Kamis (22/12/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus tingkat pertama di Pulau Jawa resmi beroperasi pada Desember 2016. Bus keluaran produsen Swedia, Scania K4101B Opticruise, diluncurkan oleh PO Putera Mulya. Sampai saat ini ada empat armada bus tingkat yang dioperasikan oleh Putera Mulya yang menempuh rute Bogor-Jakarta- Solo-Wonogiri.

KompasTravel berkesempatan untuk menjajal bus tingkat tersebut pada Kamis (31/8/2017) dan Senin (4/9/2017) . Rute perjalanan dimulai di Jakarta, berhenti di Solo, kemudian kembali ke Jakarta.

BACA: Serunya Naik Bus Tingkat dari Jakarta ke Solo

 

Di perjalanan, KompasTravel bertanya mengenai pendapat dari para penumpang bus tingkat eksklusif ini. Menariknya ada penumpang yang cukup setia menggunakan jasa bus tingkat dari Putera Mulya ini.

"Saya sudah dua kali naik bus ini. Pertama kali saya pilih kursi di bagian bawah (Elegant Class)," kata Agus (27) asal Bekasi.

Kursi pada bagian bawah bus tingkat Putera Mulya adalah kelas terbaik yang dinamakan Elegant Class. Hanya ada enam kursi yang tersedia untuk kelas ini. Satu kursi dihargai Rp 325.000 sekali perjalanan.

Jok di kelas Elegant Class bus tingkat pertama antarkota antarpropinsi buatan PT Putera Mulya Sejahtera.PT Putera Mulya Sejahtera Jok di kelas Elegant Class bus tingkat pertama antarkota antarpropinsi buatan PT Putera Mulya Sejahtera.

"Kalau di kursi bagian bawah nyaman, tapi agak berisik. Apalagi kalau menempuh jalan yang tidak rata, getarannya terasa," kata Agus.

Pada perjalanan kedua, Agus sengaja membeli tiket kursi bagian atas yang disebut First Executive Class, dengan harga Rp 225.000. Katanya biar tahu rasanya duduk di kedua kelas.

"Kalau di atas, getaran tidak begitu terasa. Nah, tapi manuver busnya lebih terasa. Apalagi kalau busnya belok-belok," jelas Agus.

BACA: Asyik! Sekarang Ada Bus Tingkat Premium dari Bogor ke Solo

Agus pada ahirnya lebih nyaman duduk di bawah, Elegant Class, dari pada First Executive Class. Sebab ia mengatakan mayoritas jalan di Pulau Jawa mulus beraspal, sehingga lebih nyaman duduk di Elegant Class. Sedangkan untuk pelayanan, yang di dapat dari kedua kelas menurutnya sama baiknya.

Beda dengan Agus, ada Nana (35) asal Boyolali yang melakukan perjalanan menuju Karawang. Nana pergi bersama suami dan dua orang anak. Membawa anak kecil menjadi tantangan tersendiri bagi Nana di perjalanan jarak panjang.

"Nyaman sih, Biasanya kalau pakai bus lain, anak saya tak mau duduk sendiri, maunya dipangku. Ini mau duduk sendiri mungkin karena ada TV-nya," sebut Nana.

Ia juga puas dengan pelayanan dan fasilitas seperti toilet yang ada di bus tingkat ini. Soal harga, baik Agus dan Nana mengungkapkan harga bus tingkat PO Putera Mulya adalah relatif. Tidak mahal tetapi juga tak murah. Namun keduanya mengaku di lain kesempatan mau menggunakan jasa bus ini.

KompasTravel sendiri merasakan pengalaman naik bus tingkat yang bertubuh aduhai dan bewarna rose gold ini. Nantikan ulasannya dalam video perjalanan "Travel Journals".

PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM