Jember Fashion Carnaval, Ajang "Branding" Jember dan Indonesia - Kompas.com

Jember Fashion Carnaval, Ajang "Branding" Jember dan Indonesia

Nursita Sari
Kompas.com - 10/10/2017, 17:03 WIB
Peserta Jember Fashion Carnaval memakai kostum garuda dalam pertunjukkan di Lippo Mall Kuta, Bali, Jumat (29/9/2017).KOMPAS.COM/NURSITA SARI Peserta Jember Fashion Carnaval memakai kostum garuda dalam pertunjukkan di Lippo Mall Kuta, Bali, Jumat (29/9/2017).

KUTA, KOMPAS.comJember Fashion Carnaval (JFC) merupakan karnaval busana tahunan yang telah digelar selama 16 tahun terakhir. Event yang berawal dari sebuah kegiatan keluarga untuk melewati waktu agar tak jenuh ini telah meraih berbagai pencapaian.

Kini, Jember Fashion Carnaval bisa dibilang telah menjadi branding tersendiri. Tak tanggung-tanggung, karnaval itu telah mengenalkan empat branding sekaligus.

“Jadi Jember Fashion Carnaval itu sekaligus meraih empat branding. Pertama, nama JFC itu branding yang luar biasa,” ujar Presiden Jember Fashion Carnaval, Dynand Fariz, di Kuta, Bali, beberapa waktu lalu.

Jember Fashion Carnaval juga telah berhasil mengenalkan Kabupaten Jember, Jawa Timur, yang mulanya tidak dikenal. Jember Fashion Carnaval juga membawa nama baik Indonesia ke kancah internasional. Terakhir, Dynand menyebut Jember Fashion Carnaval juga telah membuat namanya dikenal luas.

“Yang keempat kita itu bisa branding nama, yaitu di balik JFC ada siapa, seorang Dynand Fariz. Jadi empat branding sekaligus,” kata dia.

BACA: Mimpi Pendiri Jember Fashion Carnaval Kalahkan Karnaval Rio de Janeiro

Menurut Dynand, menjadikan sebuah event sebagai empat branding sekaligus bukanlah hal yang mudah. Tidak banyak penyelenggara event yang mampu mencapainya. Dynand pun bangga terhadap karnaval gagasannya itu.

“Kedua aja udah susah banget, ketiga jarang sekali, apalagi sampai keempat karena itu suatu risiko yang enggak main-main dan kita harus mempertaruhkan branding sampai di forum internasional,” ucap Dynand.

Putri Indonesia 2017 Bunga Jelitha Ibrani mengenakan kostum Garuda Emas saat tampil di Jember Fashion Carnaval (JFC) ke-16 di Jember, Jawa Timur, Minggu (13/8/2017). JFC ke-16 bertema Victory atau Kemenangan menampilkan delapan defile yang kostumnya pernah memenangkan kostum terbaik di sejumlah kontes dunia, seperti kostum Borobudur, Bali, dan Borneo.ANTARA FOTO/SENO Putri Indonesia 2017 Bunga Jelitha Ibrani mengenakan kostum Garuda Emas saat tampil di Jember Fashion Carnaval (JFC) ke-16 di Jember, Jawa Timur, Minggu (13/8/2017). JFC ke-16 bertema Victory atau Kemenangan menampilkan delapan defile yang kostumnya pernah memenangkan kostum terbaik di sejumlah kontes dunia, seperti kostum Borobudur, Bali, dan Borneo.

Banyak hal yang telah dilalui selama 16 tahun perjalanan Jember Fashion Carnaval. Berbagai prestasi pun diraih, salah satunya Best National Costume dalam ajang Miss Universe. Dynand mengklaim kostum nasional Indonesia terus mencuri perhatian dunia melalui Jember Fashion Carnaval.

Kini, Jember Fashion Carnaval menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang ke Indonesia khususnya Jember. Puluhan roadshow pun dijalani tiap tahunnya. Yang teranyar yakni bekerja sama dengan Lippo Mall Kuta untuk menggelar karnaval pada akhir September 2017 lalu.

“Misinya tetap kita punya tujuan untuk menggaet kunjungan-kunjungan wisatawan yang bisa datang ke Jember nantinya. Ini kan termasuk show promonya Jember juga,” kata Dynand.

BACA: Putri Indonesia 2017 Tampil di Jember Fashion Carnaval

Setiap kali roadshow digelar, nama Jember tak pernah lepas dari karnaval tersebut. Dynand berharap akan muncul kota-kota karnaval lain di Indonesia yang terinspirasi dari Jember Fashion Carnaval.

“Nama Jember enggak mungkin enggak dibawa. Ke mana pun sampe di ujung mana pun kita harus bawa nama itu karena brand,” ujarnya.

PenulisNursita Sari
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM