Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2017, 19:16 WIB
WIENDA PUTRI NOVIANTY

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comMedan, ibu kota Provinsi Sumatera Utara yang menjadi kampung halaman Bobby Nasution nyatanya menyajikan banyak spot wisata yang wajib dijelajahi.

Selain kuliner yang terkenal nikmatnya ternyata destinasi wisata yang cantik menjadi daya tarik para pelancong untuk mampir ke Medan.

Penasaran destinasi wisata apa saya yang dihadirkan di Medan? Berikut KompaTravel himpun 5 tempat wisata yang wajib Anda kunjungi jika melancong ke kota Medan:

1. Danau Toba

Danau Toba menyimpan sejuta pesona pariwisata di Sumatera Utara. Tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler yang wajib Anda datangi jika sudah melancong ke kota Medan. Airnya yang biru dengan pegunungan hijau di sekelilingnya tentu membuat apik suasana berlibur Anda ke Danau Toba.

(Baca juga : Mampir ke Syukuran Bobby-Kahiyang di Medan, Jangan Lupa Oleh-olehnya)

Danau Toba dikenal sebagai danau vulkanis paling besar dan luas. Tak usah khawatir karena Danau Toba menyajikan banyak  spot wisata yang bisa Anda kunjungi selama berlibur di antaranya bersepeda mengelilingi desa Tuktuk Siadong-adong, berkunjung ke situs bersejarah serta mengunjungi rumah-rumah adat penduduk dengan Gorga Batak.

Tak ketinggalan, Anda juga bisa menghampiri pulau kecil di tengah Danau Toba bernama Pulau Samosir. Pulau ini memiliki luas kurang lebih  647 kilometer persegi.

Wisatawan lokal dan mancanegara turun dari kapal saat tiba di Pelabuhan Tigaraja Danau Toba, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara, Senin (13/11/2017). Kapal merupakan moda transportasi untuk mengantarkan wisatawan menyeberang ke Pulau Samosir dengan tarif Rp 10.000 per orang.ANTARA FOTO/IRSAN MULYADI Wisatawan lokal dan mancanegara turun dari kapal saat tiba di Pelabuhan Tigaraja Danau Toba, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara, Senin (13/11/2017). Kapal merupakan moda transportasi untuk mengantarkan wisatawan menyeberang ke Pulau Samosir dengan tarif Rp 10.000 per orang.

2. Pulau Samosir

Pulau Samosir, pulau vulkanik yang berada di tengah Danau Toba dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Pulau ini sudah dikenal menjadi daya tarik yang dihadirkan di Medan bagi para wisatawan domestik maupun luar.

(Baca juga : Tak Hanya Samosir, Ini 7 Tempat Wisata Anti-mainstream Seputar Danau Toba)

Di Pulau Samosir, Anda bisa belajar dan mengenal lebih dekat kebudayaan dan sejarah suku Batak. Anda bisa mampir ke Kampung Siallaan yang terletak di Desa Ambarita Pulau Samosir. Perkampungan ini lokasinya berdekatan dengan Danau Toba dan cukup banyak dikunjungi wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara.

Selain itu Anda bisa mampir ke Desa Suhi yang berdekatan dengan pelabuhan Tomok, Kabupaten Samosir. Di Desa ini Anda bisa melihat langsung proses penenunan kain ulos yang terbilang rumit. Tak ketinggalan Anda juga bisa membeli kain ulos sekaligus belajar cara meneun ulos langsung bersama penduduk sekitar.

Pagoda Taman Alam Lumbini di Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.BARRY KUSUMA Pagoda Taman Alam Lumbini di Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.
3. Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini salah satu Pagoda tertinggi dan terindah yang dimiliki Indonesia. Kemegahan Taman Alam Lumbini ini terlihat dari bangunan yang diselimuri cat berwarna emas yang sangat cerah. Hampir keseluruhan warna Pagoda ini didominasi warna keemasan. Ornamen-ornamen di pagoda ini juga tak ketinggalan diselimuti warna emas.

Pagoda ini memiliki empat ruang Buddha berukuran sedang pada bagian tengah yang menghadap ke empat sisi ruangan, dan pada bagian tengahnya dijadikan sebagai lokasi bagi pengunjung yang hendak bersembahyang.

Selain itu, di dalam Taman Alam Lumbini ini berdiri kuil Buddha yang sangat megah dan merupakan replika dari Pagoda Shwedagon yang ada di Burma (Myanmar). Selain bangunan Pagoda yang megah, komplek seluas 3 hektar ini juga terhampar taman yang indah dengan mengikuti kontur alam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com