Mengintip Aneka Fasilitas Hotel Gantung di Purwakarta - Kompas.com

Mengintip Aneka Fasilitas Hotel Gantung di Purwakarta

Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
Kompas.com - 23/11/2017, 20:31 WIB
Fasilitas kamar hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter, Minggu (19/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru.  KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Fasilitas kamar hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter, Minggu (19/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru.

PURWAKARTA, KOMPAS.comHotel gantung atau Skylodge Padjajaran Anyar yang berada di Tebing Gunung Parang, Kampung Cisaga, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta, Jawa Barat memiliki fasilitas yang tak diduga.

Beberapa waktu lalu tim KompasTravel sempat bermalam di hotel gantung yang berada di ketinggian 500 meter itu, sekaligus menikmati fasilitas yang ada di dalamnya.

Hotel gantung dengan luas kamar sekitar 2,5 x 6 meter dan tinggi kamar sekitar 2,4 meter sudah dibuka untuk umum. Para tamu yang ingin menginap dikenakan biaya sebesar Rp 4 juta per malam, per kamar.

Penasaran apa saja fasilitas yang ada di hotel gantung? Berikut daftarnya.

1. Kasur

Di kamar hotel telah disediakan empat kasur angin yang bisa Anda gunakan untuk tidur, bahkan hanya untuk duduk santai sambil menikmati pemandangan. Kasur tersebut dilengkapi pula dengan seprai, bantal, dan selimut.

Karena hanya ada empat kasur, maka idealnya satu kamar diisi oleh empat orang tamu.

Hotel gantung Padjajaran Anyar terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter, Minggu (19/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru.  KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Hotel gantung Padjajaran Anyar terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter, Minggu (19/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru.

2. Colokan listrik

Bagi Anda yang ingin ke sana, jangan khawatir tak dapat eksis di media sosial. Sebab, Anda bisa selalu mengisi ulang batre karena disediakan colokan listrik. Lebih lagi, colokan yang disediakan pun cukup banyak untuk mengisi daya beberapa gawai.

3. Pendingin ruangan

Walaupun udara di hotel gantung cukup dingin, tetapi di dalam kamar disediakan pula pendingin ruangan atau AC. Ketika dirasa udara di dalam kamar terasa panas, maka Anda bisa segera mendinginkan ruangan dengan menyalakan AC tersebut.

4. Televisi

Saat KompasTravel bermalam, terkadang sinyal ponsel kuat, tetapi kadang juga lemah. Nah, jangan takut bosan berada di sana. Selain bisa bercanda tawa bersama teman atau keluarga, Anda pun masih bisa menonton televisi. Gambarnya juga cukup jelas, karena pengelola menggunakan antena portabel yang disambungkan ke televisi.

Fasilitas dapur dan toilet hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter, Minggu (19/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru.  KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Fasilitas dapur dan toilet hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter, Minggu (19/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru.

5. Toilet portabel

Ini dia, seringkali orang terheran-heran soal fasilitas untuk buang air besar dan air kecil. Jangan khawatir karena di kamar tersedia toilet portabel. Nantinya para tamu tidak perlu menahan buang air besar dan kecil. 

Kotoran yang ada di dalamnya akan ditampung dan membeku di dalam tempat penampungan di bawahnya. Jika tamu sudah pulang, maka akan ada petugas yang membuang dan membersihkan toilet portabel.

6. Wastafel

Di hotel tersebut tidak terdapat kamar mandi. Tetapi jika Anda ingin membersihkan muka ada menggosok gigi, Anda bisa menggunakan wastafel yang telah disediakan.

Wastafel tersebut bisa digunakan untuk membersihkan gelas, ataupun barang-barang yang perlu dibasuh dengan air.

Fasilitas kamar hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter, Minggu (19/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru.  KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Fasilitas kamar hotel gantung Padjajaran Anyar yang terletak di tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat setinggi 500 meter, Minggu (19/11/2017). Hotel gantung ini diklaim sebagai hotel gantung tertinggi di dunia mengalahkan ketinggian hotel gantung di Peru.

7. Pemanas makanan (microwave)

Jika Anda suka camilan, maka bawalah camilan siap saji. Sebab, di hotel gantung tersedia alat pemanas makanan yang bisa disabungkan ke colokan listrik. Ketika camilan atau makanan yang Anda bawa mulai dingin, tetap bisa dimakan setelah dipanaskan.

8. Pemanas air

Sama halnya seperti pemanas makanan, alat pemanas air juga disediakan. Anda bisa menikmati panorama Waduk Jatiluhur sambil menikmati seduhan kopi atau teh panas.

9. Meja multifungsi

Uniknya, di hotel gantung pula dibuat fasilitas meja multifungsi yang tersembunyi. Meja tersebut dapat Anda lipat jika tidak digunakan. Meja itu juga berfungsi sebagai alas ketika Anda makan. Bahkan bisa digunakan pula untuk menjadi alas laptop dan televisi.

10. Tangga

Ada tangga besi yang terdapat di dalam kamar. Tangga berfungsi sebagai jalan masuk dan keluar tamu dari hotel gantung. Sebab, pintu masuk hotel gantung berada pada atap kamar.

11. Air mineral galon

Setelah memanjat dengan ketinggian 500 meter, rasa haus tentunya melanda. Jangan khawatir, sebab disediakan pula air galon mineral yang dapat digunakan untuk minum.

Selain untuk minum, air ini biasanya juga digunakan untuk menyiram toilet portable, mencuci muka, atau menggosok gigi.

12. Handy Talkie

Tak seperti hotel pada umumnya yang memiliki saluran telfon di setiap kamar, Skylodge Padjadjaran Anyar memiliki alat komunikasi Handy Talkie. Ketika tamu membutuhkan sesuatu, bisa menghubungi pemandu menggunakan alat komunikasi tersebut.

Jangan takut kehabisan baterai Handy Talkie karena disedikan pula alat chargernya.

13. Fasilitas lainnya

Selain fasilitas-fasilitas yang dijabarkan sebelumnya, terdapat pula fasilitas lainnya yang bisa digunakan para tamu. Misalnya emergency lamp yang bisa digunakan sebagai penerangan di kamar saat malam hari. Kemudian juga ada gelas, sendok, hingga tempat sampah.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAnggita Muslimah Maulidya Prahara Senja
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM