Beda Tahu Petis Bandung yang Dicicip Jokowi dengan Tahu Petis Semarang - Kompas.com

Beda Tahu Petis Bandung yang Dicicip Jokowi dengan Tahu Petis Semarang

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 05/12/2017, 08:48 WIB
Tahu Petis yang disajikan dengan tambahan cabai rawit. TRIBUN JATENG/MAULANA RAMADHAN Tahu Petis yang disajikan dengan tambahan cabai rawit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah meresmikan Jalan Tol Soreang-Pasir Koja, Presiden Joko Widodo menyempatkan untuk mencicipi hidangan tahu petis di Bandung. Hidangan ini ternyata cukup populer sebagai menu tradisional di Bandung.

Selain di Bandung, Semarang juga punya hidangan tahu petis yang berbeda dan tak kalah lezatnya. Dari bahannya memang sama, yaitu tahu dengan bumbu petis yang berasal dari udang. Namun, wujud sajian hingga rasanya tentu berbeda.

Petis merupakan semacam pasta cair, yang terbuat dari olahan udang, berbahan dasar hampir sama dengan terasi. Namun bercita rasa lebih manis dan gurih.

Berikut perbedaan tahu petis bandung dan tahu petis semarang.

Berbeda dengan kupat tahu bandung, saus kacang hidangan kupat tahu khas Kuningan ini lebih kental dan kasar kacangnya.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Berbeda dengan kupat tahu bandung, saus kacang hidangan kupat tahu khas Kuningan ini lebih kental dan kasar kacangnya.

Tahu Petis Bandung

Tahu petis di Bandung jadi varian dari kupat tahu. Kupat tahu yang memang hidangan khas Jawa Barat ini dimodifikasi menggunakan bumbu petis yang lezat.

Dalam sepiring, sajian kupat tahu petis di Bandung ini, tahu hangat dipotong menyamping, dipadukan dengan potongan ketupat. Lalu diguyur kuah petis yang cokelat kehitaman nan kental.

Warna hitam di sini bukan karena kecap, tetapi olahan dari petis tersebut. Terakhir barulah diberi potongan dadu, timun segar dan bawang merah goreng.

Kuah kupat tahu yang menggugah selera ini, juga menggunakan sedikit kacang. Sehingga lebih seperti bumbu kupat tahu biasa, diolah lagi dengan bumbu petis. Tentu akan semakin membuat Anda tergiur.

Tahu Petis Semarang

Di Semarang, tahu petis tersebut disajikan benar-benar sesuai namanya, tahu dan petis. Tahu yang sudah digoreng, dipotong bagian tengahnya, untuk dimasukkan petis.

Sebelum digoreng, tahu direndam dalam air garam dan diberi bawang putih. Rasanya setelah digoreng pun menjadi gurih. Setelah diberi petis, bertambah sensasi masnis gurih kas bumbu tersebut.

Jika di Bandung, tahu petis jadi hidangan utama. Di Semarang, tahu petis jadi camilan gurih, yang cocok disantap sore hari. Apalagi ditemani teh ataupun secangkir kopi.

Tahu petis di Semarang sangat mudah di dapat. Selain di beberapa tempat oleh-oleh Simpang Lima, juga banyak dijajakan di penjual gorengan, rumah makan, hingga resto ternama.

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM