Inilah Keindahan Batik Sumenep yang Berbeda dari Batik Lain - Kompas.com

Inilah Keindahan Batik Sumenep yang Berbeda dari Batik Lain

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 07/12/2017, 10:41 WIB
Batik khas Sumenep, Madura dengan motif garuda ini dijual seharga Rp 750.000, di Kementerian Pariwisata, Selasa (5/12/2017).KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Batik khas Sumenep, Madura dengan motif garuda ini dijual seharga Rp 750.000, di Kementerian Pariwisata, Selasa (5/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Batik kini jadi salah satu oleh-oleh yang wajib Anda bawa selepas melancong dari satu daerah, di Indonesia. Salah satunya Sumenep yang memiliki corak tersendiri dari guratan batiknya.

Meskipun daerah kepulauan dan maritim, tak berarti motif batik sumenep melukiskan biota-biota laut seperti di daerah pesisir lainnya. Justru sangat jarang sekali motif-motif ikan tergambar di batik sumenep, walaupun tetap ada.

Gambar bunga, dedaunan, dan binatang darat malah lebih dominan tergambar di corak batik ini. Tingkat kerumitan gambar-gambar tersebut, pun sangat menentukan harganya.

(Baca juga : 6 Detinasi Wisata di Sumenep yang Wajib Anda Kunjungi)

Ada bunga yang tergambar sederhana, apa pula yang tergambar dari sudut pandang unik, dengan kerumitannya.

Staf Marketing Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumenep, Dian menerangkan salah satu yang jadi keunggulan batik sumenep ialah motifnya yang atraktif, juga banyak yang tidak biasa.

"Pakemnya batik sumenep itu harus batik tulis, lalu motifnya memang atraktif, itu yang menjadikan batik ini lebih mahal. Tidak ada batik cap atau print asli Sumenep," jelas Dian, saat memamerkan batik khas daerahnya di Kementerian Pariwisata, Selasa (5/12/2017).

(Baca juga : Catat Agenda Wisata Sumenep 2018 sebelum Berlibur ke Madura)

Selain itu, ciri lainnya ialah menggunakan lebih dari dua warna, minimal tiga warna dalam satu lembar kain batik sumenep. Namun soal warna, batik ini tak memiliki warna khusus seperti batik semarang yang dominan warna merah terang dan kuning.

Uniknya lagi, dalam satu kain banyak yang terdiri dari beberapa motif. Mulai dua hingga tiga motif dalam satu kain. Walaupun terlihat ramai, tetapi kombinasi motifnya tetap terlihat harmonis, dan cocok digunakan.

Salah satu ciri batik sumenep ialah corak banyak warna dalam satu balutan kain, selain itu juga dalam satu kain ada lebih dari satu motif.KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Salah satu ciri batik sumenep ialah corak banyak warna dalam satu balutan kain, selain itu juga dalam satu kain ada lebih dari satu motif.
Beberapa motif favoritnya ialah beras tumpah, motif alam dedaunan, bunga tulip, burung garuda, dan burung merak. Soal harga, batik sumenep dijual mulai Rp 150.000 hingga Rp 750.000 untuk selembar kain ukuran dua meter persegi.

"Harga Rp 500.000 ke atas, motifnya binatang, kalau lebih murah biasanya motif tanaman," ujar Dian kepada KompasTravel, sembari memamerkan motif garuda yang menjadi unggulannya.

Saat melancong ke Sumenep, Anda bisa mendapatkannya di Desa Sentra Batik Sumenep, Jalan Raya Sumenep Pamekasan, Desa Pakandangan, Kota Sumenep, Madura.

Jadi, selain main di laut, jangan lupa beli batiknya ya kalau ke Sumenep.

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM