Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawaran Lampung, Dekat dari Jakarta dan Punya Wisata Komplet

Kompas.com - 16/11/2018, 06:49 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Pesawaran di Lampung bagian selatan bisa jadi alternatif untuk berwisata di akhir pekan. Sebab kabupaten yang terdiri dari 37 pulau ini punya destinasi wisata yang lengkap.

Terdapat wisata bahari, wisata pergunungan dan air terjun, serta wisata perkebunan atau agrowisata.

"Sektor pariwisata merupakan yang paling cepat meningkatkan tarif ekonomi masyarakat. Maka dari itu pariwisata di Pesawaran, alhamdulillah diberkahi alam yang sangat indah," kata Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona dalam acara Pesawaran Investmen Promotion 2018 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Baca juga: Bukan Cuma Pahawang, Ini 5 Pulau Cantik di Pesawaran Lampung

Deni menjelaskan letak Pesawaran yang terbolang dekat dari Jakarta juga menjadi keunggulan. Pesawaran dapat ditempuh 30 menit dengan pesawat dari Jakarta.

Obyek wisata ternama di Pesawaran adalah Pulau Pahawang sebagai destinasi wisata bahari yang cocok untuk aktivitas selam, snorkeling, atau sekedar menikmati suasana pantai.

Masih ada obyek wisata bahari lainnya seperti Pulau Legundi, Pulau Wayang, Pulau Mahitam, dan pulau-pulau lainnya yang masih belum terkenal di kalangan wisatawan.

Air Terjun Anglo di Desa Gunungrejo, Pesawaran, Lampung. Dok. .pesawarankab.go.id Air Terjun Anglo di Desa Gunungrejo, Pesawaran, Lampung.

Di samping wisata bahari, Pesawaran juga sedang mengembangkan agorowisata dan taman hutan rakyat.

"Horti Park atau Taman Hortikultura akan dibangun, juga Lampung Astronomical Observatory (LAO) akan ada di Tahura (Taman Hutan Rakyat) Wan Abdul Rahman. Rencananya tahun depan dibuka, dan teropong di Bosscha Bandung dipindahkan ke sini," jelas Deni.

Baca juga: Suka Air Terjun? Pesawaran Lampung Punya 4 Air Terjun Cantik

Kabupaten Pesawran juga berencana untuk membangun Kawasan Ekonomi Khusus untuk Pariwisata di Teluk Pandan. Pada 2025 Pesawaran ditargetkan menjadi 'Bumi Wisata'.

Data dari Kabupaten Pesawaran, pertumbuhan kunjungan wisatawan khususnya domestik ke obek wisata di sekitar Pesawaran mencapai 15 persen. Pada 201 ada 928.500 wisatawan domestik yang berkunjung ke Pesawaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com