Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Jadi Anggota Dewan Eksekutif UNWTO Periode 2023-2027

Kompas.com - 17/06/2023, 15:44 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia menjadi anggota Dewan Eksekutif UNWTO periode 2023-2027 bersama China, Korea Selatan, dan Jepang untuk mewakili Komisi Asia Timur dan Pasifik. 

Untuk diketahui, UNWTO atau Organisasi Pariwisata Dunia merupakan salah satu badan PBB yang berfokus terhadap dunia pariwisata. 

Baca juga:

Adapun Indonesia terpilih sebagai anggota Dewan Eksekutif UNWTO lantaran memperoleh suara terbanyak, serta mendapat satu dari empat kursi Executive Council dengan vote (suara) terbanyak.

"Alhamdulillah kita berhasil mendapatkan vote terbanyak, ini adalah prestasi dan terima kasih atas kerja samanya," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, lewat keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (17/6/2023).

Tugas Indonesia sebagai anggota Dewan Eksekutif UNWTO

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengikuti the 55th Meeting of the UNWTO Commission for East Asia and The Pacific (CAP) di Sokha Residence, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (15/6/2023).Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengikuti the 55th Meeting of the UNWTO Commission for East Asia and The Pacific (CAP) di Sokha Residence, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (15/6/2023).

Lantas, apa tugas Indonesia sebagai anggota Dewan Eksekutif UNWTO?

Bersama ketiga negara tersebut, Indonesia memiliki tanggung jawab menyusun program-program UNWTO di wilayah Asia Pasifik untuk selanjutnya dilaporkan dalam General Assembly. 

Dilansir dari laman resminya, General Assembly merupakan pertemuan penting dalam UNWTO yang dihadiri oleh para anggota dan delegasi.

Baca juga:

Setiap dua tahun sekali, General Assemby membahas penentuan bujet dan program kerja, sekaligus diskusi topik-topik penting terkait sektor pariwisata. 

Sementara itu, setiap empat tahun sekali, di General Assembly terdapat pemilihan Sekretaris Jenderal.

Adapun Indonesia, China, Korea Selatan, dan Jepang juga bertugas mendukung General Assembly UNWTO pada Oktober 2023 mendatang.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com