Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalimantan Timur Bidik 2,3 Juta Kunjungan Turis Indonesia pada 2023

Kompas.com - 19/06/2023, 05:35 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebanyak 2,3 juta wisatawan nusantara (wisnus) ditargetkan mengunjungi Kalimantan Timur pada tahun 2023. Target tersebut mengalami kenaikan dibanding tahun 2022.

"Tahun lalu Dispar (Dinas Pariwisata) Kaltim (Kalimantan Timur) menargetkan kunjungan wisnus sebanyak dua juta orang, ternyata capaiannya lebih dari 2,6 juta orang sehingga kami optimistis target tahun ini tercapai," kata Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Kaltim Restiawan Baihaqi, dikutip dari Antara, Senin (19/6/2023).

Baca juga:

Salah satu upaya untuk memenuhi target tersebut adalah dengan melakukan promosi di berbagai perhelatan perjalanan dan pariwisata, termasuk di Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) yang digelar hingga Sabtu (17/6/2023) di Bali.

Tidak hanya itu, pihaknya juga terus melakukan perbaikan dan peningkatan fasilitas, salah satunya dari paket wisata dari destinasi satu ke destinasi lainnya.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Sekitar Istana Negara di Kalimantan Timur

Kawasan lindung mangrove Margomulyo merupakan salah satu lokasi wisata warga Balikpapan, Kalimantan Timur. Di sana, masih bisa ditemukan keriuhan puluhan monyet hidung belanda atau bekantan di waktu-waktu tertentu.KOMPAS.com/DANI JULIUS ZEBUA Kawasan lindung mangrove Margomulyo merupakan salah satu lokasi wisata warga Balikpapan, Kalimantan Timur. Di sana, masih bisa ditemukan keriuhan puluhan monyet hidung belanda atau bekantan di waktu-waktu tertentu.

"Kami akan terus meningkatkan kunjungan wisatawan demi untuk meningkatkan perekonomian daerah dan nasional," ujarnya.

Baihaqi melanjutkan, hal tersebut lantaran sektor pariwisata memiliki dampak ekonomi yang luas, termasuk ke sektor transportasi, penginapan atau hotel, makanan, minuman, dan produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). 

Baca juga:

Sebagai informasi, Kalimantan Timur memiliki sejumlah tempat wisata populer, antara lain Danau Labuan Cermin, Hutan Mangrove Margomulyo, dan Pantai Nipah-Nipah.

Setiap tempat wisata memiliki daya tariknya masing-masing. Danau Labuan Cermin, misalnya, dikenal berkat warna air danaunya yang hijau kebiruan. 

Baca juga: 10 Ragam Wisata di Kalimantan Timur, Calon Lokasi Ibu Kota Negara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com