Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kotornya Sungai Cisadane, Tempat Festival Perahu Naga Bersejarah di Tangerang

Kompas.com - 26/06/2023, 09:09 WIB
Sania Mashabi,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Festival Perahu Naga atau Festival Peh Cun 2023 digelar di Sungai Cisadane, Tangerang, Banten mulai Rabu (21/6/2023) hingga Minggu (25/6/2023).

Adapun sungai Cisadane meman menjadi tempat langganan dilaksanakan Festival Peh Cun di Tangerang.

Baca juga: Festival Biak Munara Wampasi, Acara Tahunan di Kabupaten Biak Numfor

Bahkan penyelenggaraan Festival Peh Cun di sana menjadi yang tertua dari banyaknya pelaksanaan Festival Peh Cun lainnya di Indonesia, dilansir laman dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sayangnya meski dijadikan salah satu tempat penyelenggaraan acara bersejarah, Sungai Cisadane tampak tidak terawat. Ada cukup banyak sampah di sungai tersebut.

"Memang sampahnya cukup banyak ya. Sampai tadi pas lagi naik perahu (lomba naik perahu naga), gemes mau ambil itu sampahnya," kata salah satu peserta Festival Peh Cun, Nadia Mulya kepada Kompas.com di Sungai Cisadane, Sabtu (24/6/2023).

Baca juga: Cerita WNA Jamaika Ikut Festival Perahu Naga di Tangerang, Tak Ada Paddle Boat di Negaranya

Senada dengan Nadia, salah satu penonton Festival Peh Cun bernama Najwa Sabila atau Bila, juga merasa sedikit terganggu dengan penampakan Sungai Cisadane yang kotor.

Menurut Bila, panitia festival memang sudah terlihat sering membersihkan sampah yang ada di lokasi festival. Namun arus sungai selalu datang dengan membawa sampah baru.

"Paling sampahnya sih ini, tadi lihat sudah dibersihkan sama panitia. Cuman datang lagi saja itu sampahnya. Kayaknya dibawa sama arus (sungai)," ujar Bila.

Baca juga: Publik Figur dan WNA Ramaikan Festival Perahu Naga di Tangerang

Bila berharap ke depan Sungai Cisadane tempat diadakannya Festival Peh Cun tahunan di Tangerang, bisa menjadi lebih bersih.

Ia pun mengimbau agar warga setempat atau warga dari luar Tangerang tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya selama berada di area Festival Peh Cun.

"Kalau bisa yang datang sampahnya diperhatikan. Buang pada tempatnya ada kantung plastik hitam besar di pinggir sungai, silakan buang di sana," tuturnya.

Sungai Cisadane sudah lebih bersih

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama salah satu peserta Festival Peh Cun Wijaya Surya menilai, saat ini kondisi Sungai Cisadane sudah lebih bersih dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Festival Perahu Naga 2023, Kota Tangerang, BantenKOMPAS.com/SANIAMASHABI Festival Perahu Naga 2023, Kota Tangerang, Banten

Wijaya mengaku pernah melihat banyaknya sampah di Festival Peh Cun, tepatnya pada tahun 2019, saat itu kata dia, ada lebih banyak sampah di Sungai Cisadane.

"Sekarang sudah lebih mending (jumlah sampahnya) dibanding tahun sebelumnya (jumlah sampahnya) lebih banyak," kata Wijaya.

Baca juga: Alasan Dieng Culture Festival 2023 Ditiadakan, Bukan Lagi karena Covid-19

Pada tahun ini, Wijaya sudah melihat panitia berusaha untuk membersihkan area pelaksanaan Festival Peh Cun 2023.

Ia pun berharap ke depannya pelaksanaan Festival Peh Cun bisa semakin baik, ramai dan seru. Sekaligus sungai lebih bersih dari sampah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com