Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Wolobobo di Ngada Digelar Lagi, Upaya Tingkatkan Jumlah Wisatawan

Kompas.com - 30/06/2023, 21:01 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Festival Wolobobo Season 2 kembali digelar di Ngada, Nusa Tenggara Timur, sejak Kamis (28/6/2023) hingga Jumat (30/6/2023). Festival ini kembali mengusung tema: Kopi, Tenun, dan Bambu.

Tujuan Festival Wolobobo adalah menampilkan kekayaan alam dan budaya Ngada yang telah lama menjadi identitas daerah dan sekaligus menempatkan Ngada dalam peta agro maupun warisan nasional dan internasional.

Festival ini dimulai dengan pergelaran tarian Ja'i massal mengenakan kain tenun adat Ngada dalam koreografi indah Ja'i bersama melibatkan  petani kopi, para undangan, dan masyarakat.

Baca juga: Mengenal Keunggulan Bambu Ngada, Tema Utama Festival Wolobobo 2022

"Event Wolobobo Ngada Festival tahun 2023 ini merupakan strategi pengembangan pariwisata di Kabupaten Ngada," kata Bupati Ngada, Andreas Paru, Jumat (30/6/2023).

Ia melanjutkan, festival didukung penuh oleh Kemenparekraf dan juga didukung partisipasi langsung dari komunitas-komunitas kopi, bambu, tenun dan UMKM di Ngada.

Festival Wolobobo Ngada 2023

Ia menyebut, Wolobobo Ngada Festival juga diisi dengan  beberapa atraksi budaya lainnya seperti E'tu, yang merupakan pertunjukan tinju adat yang bertempat di Kecamatan Soa dan Inerie.

Selain itu, festival juga diisi dengan kegiatan pameran yang dilaksanakan di beberapa lokasi, antara lain Taman Kartini, Kampus Bambu, dan Mountain Walk di Puncak Wolobobo.

Baca juga: Wolobobo Ngada Festival Diharapkan Digelar Tiap Tahun

Sementara itu, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores Shana Fatina mengatakan, ini sudah kali kedua pihaknya mendukung Festival Wolobobo. Dirinya menyakini bahwa Festival Wolobobo layak menjadi event signature Kabupaten Ngada.

"Event tahunan seperti ini akan mendatangkan minat wisatawan mancanegara maupun nusantara untuk mengunjungi Ngada termasuk atraksi-atraksi lainnya," ujar Shana.

Foto : Wolobobo festival itu diawali dengan Wolobobo Culture Camp, pada Kamis (15/9/2022).Kompas.com/Nansianus Taris Foto : Wolobobo festival itu diawali dengan Wolobobo Culture Camp, pada Kamis (15/9/2022).

Pihaknya pun sangat mengapresiasi partisipasi komunitas di tahun ini yang secara mandiri berkolaborasi dan mengisi rangkaian Wolobobo Ngada Festival 2023.

Ia menambahkan, BPOLBF sendiri memberikan berbagai bentuk dukungan terhadap penyelenggaraan berbagai event yang ada di kawasan Flores.

Baca juga: Wolobobo Ngada Festival Diharapkan Masuk Kharisma Event Nusantara 2023

Dukungan itu melalui promosi dan publikasi media, suvenir, dukungan kehadiran, dan pengembangan SDM melalui ekosistem Floratama Creative Hub yang merupakan ekosistem pengembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif 11 kabupaten koordinatif BPOLBF.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com