Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pascagempa, Pengunjung di Pantai-pantai Gunungkidul Tetap Ramai

Kompas.com - 01/07/2023, 19:07 WIB
Markus Yuwono,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Pascagempa yang berpusat di Kabupaten Bantul pada Jumat (30/6/2023), kunjungan wisata di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tetap ramai.

Tidak ada peningkatan gelombang di kawasan pantai maupun pengurangan jumlah wisatawan pada momen libur panjang Idul Adha 2023 ini.

"Iya lebih baik dari hari kemarin kunjungannya. Tapi untuk lebih tepatnya masih direkap teman-teman di lapangan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul Harry Sukmono kepada Kompas.com melalui telepon Sabtu (1/7/2023).

Baca juga: Mengenal Monumen Gempa Yogyakarta 2006 di Bantul, Titik Pusat Gempa

Dia menduga hari ini merupakan puncak kunjungan selama libur panjang hari raya Idul Adha 2023. Harry mengakui sempat ada kekhawatiran kunjungan wisata pascagempa Jumat malam.

Adapun pusat gempa tersebut berada di lautan sebelah selatan Kabupaten Bantul, DIY dengan magnitudo 6 Skala Richter (SR).

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

Gempa terasa di seluruh penjuru DIY. Bahkan, daerah lain yang jauh dari pusat gempa, misal Malang dan Lumajang di Jawa Timur, turut merasakan gempa ini.

Target wisatawan di Gunungkidul saat libur Idul Adha 2023

Harry mengatakan, selama libur idul adha pihaknya menargetkan 47.950 wisatawan, dan pihaknya optimistis target bisa terlampaui, sehingga target perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai sekitar Rp 361 juta.

Untuk persiapan untuk menyambut libur panjang Idul Adha ini. Antara lain menyiapkan pengamanan yang melibatkan lintas sektor.

Baca juga: Rute ke Monumen Gempa Yogya di Bantul, Searah ke Pantai Parangtritis

"Ada 80 personel gabungan yang kami terjunkan. Harapannya pengunjung nyaman, dan betah di kawasan wisata Gunungkidul," kata dia.

Sekretaris Sarlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron, Surisdiyanto mengatakan, pengunjung sudah memadati kawasan pantai sejak pagi. Untuk mengantisipasi lakalaut pihaknya menerjunkan seluruh personel.

Kawasan Pantai Wediombo, GunungkidulKOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Kawasan Pantai Wediombo, Gunungkidul

"Untuk gelombang laut landai dan aman, sehingga tidak perlu khawatir berkunjung di kawasan pantai. Namun, tetap ikuti aturan dan petugas yang ada," kata Suris.

Dikatakannya, kecelakaan laut seringkali karena pengunjung abai dengan imbauan. Sehingga nekat mandi ke agak ke tengah laut, atau di sekitar rip current.

Baca juga: Libur Panjang Idul Adha 2023, Pengunjung Teras Kaca Gunungkidul Naik 2 kali lipat

"Asal ikuti imbauan pasti menyenangkan liburan di pantai-pantai Gunungkidul," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com