Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Idul Adha, Gunungkidul Targetkan 47.000 Kunjungan Wisatawan

Kompas.com - 29/06/2023, 19:10 WIB
Markus Yuwono,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Periode libur panjang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berwisata ke kawasan pantai di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Selama libur sekolah dan Idul Adha, Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul menargetkan kunjungan mencapai 47.950 wisatawan, dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp 361 juta.

Berdasarkan pengalaman dari Idul Adha tahun sebelumnya, jumlah kunjungan tidak sebanyak saat libur nasional atau periode libur panjang lainnya.

Baca juga:

Misalnya, pada libur panjang awal Mei Dispar Gunungkidul menargetkan 54.438 wisatawan.

"Berkaca libur Idul Adha sebelumnya, jumlah wisatawan (saat libur Idul Adha) memang tidak meningkat signifikan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dispar Gunungkidul, Harry Sukmono, saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon Kamis (29/06/2023). 

Adapun puncak kunjungan wisata ke Gunungkidul diprediksi terjadi mulai Jumat (30/6/2023) hingga tiga hari ke depan.

Namun, Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) utama Baron, Sumarja mengatakan, berdasarkan data, peningkatan kunjungan sudah terjadi sejak Rabu (28/6/2023), dengan sekitar 900 wisatawan melewati TPR utama.

"Saat Sabtu-Minggu nanti mungkin bisa 1.000-an wisatawan yang lewat TPR Baron," kata dia.

Baca juga: Catat, Tarif Parkir Resmi di Wisata Pantai Gunungkidul

Salah seorang wisatawan asal Sleman, Alex mengaku sengaja datang saat libur idul adha karena saat akhir pekan akan liburan bersama keluarga ke tempat yang lain.

"Kebetulan pas di Gunungkidul, sekalian main ke kawasan pantai Kukup," kata dia. 

Siapkan pengamanan

Untuk persiapan untuk menyambut libur panjang Iduladha ini. Antara lain menyiapkan pengamanan yang melibatkan lintas sektor.

"Ada 80 personel gabungan yang kami terjunkan. Harapannya pengunjung nyaman dan betah di kawasan wisata Gunungkidul," kata dia.

Baca juga: Wisatawan ke Arah Gunungkidul Diimbau Hati-hati Bila Lewat JJLS

Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa wilayah operasi Pantai Baron, Surisdiyanto mengatakan, terpantau adanya peningkatan kunjungan di kawasan pantai Gunungkidul. Pihaknya melakukan pengawasan dengan menerjunkan puluhan petugas.

"Saat libur idul Adha ini ubur-ubur yang biasa keluar saat kemarau tidak ditemukan. Mungkin karena hujan beberapa hari terakhir," kata dia.

@kompastravel Ada tempat wisata baru di Pengging, Klaten, guys! Namanya Wahana Soko Alas. Tempatnya Instagramable, banyak karya seni dari kayu, juga ada danau buatan, dan kolam renang. Pokoknya main ke Pengging belum lengkap kalau enggak renang, deh! Yuk, siapa yang penasaran coba datang? #WahanaSokoAlas #wahanaSokoAlasPengging #SokoAlas #SokoAlasPengging #WisataKlaten #Jogjajateng #wisatajateng ? Paradise
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com