Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/10/2022, 11:49 WIB

KOMPAS.com - Kabupaten Gunungkidul di Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki beragam tempat wisata yang menarik. Mulai dari pantai hingga restoran dan tempat selfie, semua ada di Bumi Handayani.

Tak hanya potensial, beberapa tempat ini ada yang saling berdekatan, sehingga kamu bisa membuat itinerary atau daftar kunjungan ke beberapa tempat dalam satu hari.

Baca juga: 34 Wisata Yogyakarta yang Pas Dikunjungi Saat Libur Panjang

Jarak dari kota Yogyakarta menuju Gunungkidul adalah sekitar 49 kilometer, dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam 41 menit dengan berkendara. 

Berikut 30 rekomendasi tempat wisata di Gunungkidul yang Kompas.com rangkum:

Daftar wisata Gunungkidul yang populer

1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Pemandangan Gunung Api Purba di Desa Wisata Nglanggeran, Yogyakarta (Shutterstock/Berta Alviyanto).Shutterstock/Berta Alviyanto Pemandangan Gunung Api Purba di Desa Wisata Nglanggeran, Yogyakarta (Shutterstock/Berta Alviyanto).

Gunung Api Purba berada di kawasan Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Butuh waktu sekitar 50 menit sampai satu jam untuk sampai ke puncak dari kaki gunung.

Pengunjung bisa melihat pemandangan matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) karena tinggi gunung yang sekitar 700 meter di atas permukaan laut (mdpl). Selain itu, mereka bisa juga berkemah di camping ground sekitar 50 meter dari puncak.

Baca juga: Itinerary Wisata Seharian di Nglanggeran Yogyakarta, Bisa Bajak Sawah

2. Embung Nglanggeran

Kawasan Gunung Api Purba Dilihat dari Embung Nglanggeran, Gunungkidul.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawasan Gunung Api Purba Dilihat dari Embung Nglanggeran, Gunungkidul.

Embung Nglanggeran merupakan tampungan air seluas 0,34 hektar, dan digunakan sebagai pengairan kebun buah durian dan kelengkeng milik warga.

Embung Nglanggeran adalah salah satu tempat wisata yang paling populer di kawasan Desa Nglanggeran. Obyek wisata ini terletak sekitar 1,5 kilometer (km) dari gunung api purba.

Baca juga: Desa Wisata Nglanggeran di Yogyakarta Dijadikan Foto Perangko

3. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang di Nglanggeran, Gunungkidul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Air Terjun Kedung Kandang di Nglanggeran, Gunungkidul.

Air Terjun Kedung Kandang terletak di antara persawahan warga dengan batuan vulkanik berundak sebagai dasarnya, lokasinya di sebelah selatan Gunung Api Purba Nglanggeran.

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun, pengunjung harus trekking dari tempat parkir, melintasi jalan setapak. Setelah 15-30 menit berjalan, bentang alam berupa air terjun bertingkat menjadi pemandangan indah yang menyambut pengunjung. 

Baca juga: 6 Tips Berkunjung ke Air Terjun Kedung Kandang Nglanggeran

4. Griya Cokelat Nglanggeran

Ilustrasi produk bubuk cokelat di Griya Cokelat NglanggeranDok. Sugeng Handoko Ilustrasi produk bubuk cokelat di Griya Cokelat Nglanggeran

Masih di kawasan Desa Nglanggeran, pengunjung dapat menyaksikan proses produksi olahan cokelat dan berbelanja usaha ekonomi produktif di Griya Cokelat. 

Tak hanya itu, mereka bisa menikmati beragam olahan cokelat yang ada di Griya Cokelat. Salah satu menu unggulannya adalah minuman cokelat murni dengan beragam varian rasa.

Baca juga: Desa Nglanggeran, Wisata Lengkap dari Gunung Api Purba sampai Air Terjun

5. Desa Wisata Bobung

Desa wisata Bobung, tempat pengrajin topeng batik kayu DOK. Shutterstock/Julius BramantoShutterstock/Julius Bramanto Desa wisata Bobung, tempat pengrajin topeng batik kayu DOK. Shutterstock/Julius Bramanto

Lokasi Desa Wisata Bobung bersebelahan dengan Desa Wisata Nglanggeran, tepatnya di Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunungkidul.

Bobung merupakan kawasan perajin topeng batik kayu, sekaligus desa wisata tertua di Gunung Kidul. Pengunjung akan dapat melihat secara langsung proses produksi topeng kayu, patung, dan kerajinan lainnya.

Baca juga: 3 Wisata Gunung Api Purba Gunungkidul Selain Nglanggeran dan Wediombo

6. Goa Pindul

Wisata Goa Pindul di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Wisata Goa Pindul di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Goa Pindul berada di Dusun Gelaran 2, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Tempat ini terkenal akan aktivitas cave tubing (susur goa), dan wisatawan bisa menaiki ban pelampung, kemudian mengikuti aliran sungai bawah tanah di dalam gua.

Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah di dalam Goa Pindul ditempuh dalam waktu 45 menit hingga satu jam. Panjang rutenya sekitar 350 meter, melewati tiga zona yaitu zona terang, remang-remang, dan gelap.

Baca juga: Menyusuri Goa Pindul di Gunungkidul, Lihat Stalagmit dan Stalaktit Indah

7. Wisata Sungai Oyo

River tubing Sungai Oyo, atraksi yang berdekatan dengan susur Goa Pindul di GunungkidulDok. Wirawisata Goa Pindul River tubing Sungai Oyo, atraksi yang berdekatan dengan susur Goa Pindul di Gunungkidul

Berjarak sekitar satu kilometer dari Goa Pindul, wisata Sungai Oyo hampir mirip dengan susur Goa Pindul, namun lebih menyatu ke alam terbuka dan wisatawan bisa lebih berpetualang.

Wisatawan bisa menikmati keindahan aliran Sungai Oyo dengan menggunakan ban dalam, sama seperti di Goa Pindul. Di sepanjang sungai, terdapat tebing-tebing indah dan alami khas batuan karst Gunungkidul, dan di akhir ada Air Terjun Pengantin. 

Baca juga: Itinerary Wisata Sehari di Goa Pindul Gunungkidul, Bisa Susur Goa

8. Goa Gelatik

Suasana mulut Goa Gelatik Lorong Sewu yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai obyek wisata minat khusus di Gunungkidul, DI Yogyakarta. TRIBUN JOGJA/KURNIATUL HIDAYAH Suasana mulut Goa Gelatik Lorong Sewu yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai obyek wisata minat khusus di Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Goa Gelatik Lorong Sewu merupakan obyek wisata minat khusus yang ditemukan sejak 2014 lalu. Jaraknya hanya 1,4 kilometer dari Goa Pindul atau sekitar empat menit naik kendaraan.

Meski gua ini kering, tingkat kesulitan susur gua terbagi menjadi sedang dan sangat menantang karena gua ini punya jalur horizontal dan vertikal hingga tujuh susun, sehingga perlu pendampingan pemandu saat melakukan susur gua.

Baca juga: Itinerary Wisata 2 Hari 1 Malam di Kulon Progo, Naik Jip dan Susur Goa

9. Goa Tanding

Cave boating Tanding, atraksi pendukung selain susur Goa Pindul di Gunungkidul. Dok. Wirawisata Goa Pindul Cave boating Tanding, atraksi pendukung selain susur Goa Pindul di Gunungkidul.

Goa ini berjarak hanya 1,6 kilometer dari Goa Pindul, dengan waktu tempuh empat menit pakai kendaraan.

Gua yang sangat minim pencahayaan ini juga mempunyai stalagtit dan stalagmit yang menawan. Wisatawan bisa menyusuri sungai bawah tanah menggunakan perahu karet berisi maksimal delapan orang. 

Baca juga: Harga Paket Wisata Goa Pindul, Susur Tiga Goa Mulai Rp 150.000

10. Pantai Wediombo

Kawasan Pantai Wediombo, GunungkidulKOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Kawasan Pantai Wediombo, Gunungkidul

Konon, Pantai Wediombo merupakan bekas kawah gunung berapi yang tenggelam ke bawah permukaan laut. Bentuk teluk disebut menyerupai setengah lingkaran, serta pantainya menghadap ke arah barat. 

Jika ingin berkunjung, waktu terbaik adalah pada sore hari, karena kamu akan mendapatkan pemandangan alam menawan dari sunset yang bisa disaksikan dari bibir pantai.

Baca juga: 5 Tempat Nikmati Sunset di Gunungkidul, Ada Pantai Wediombo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+