Kompas.com - 26/09/2022, 09:09 WIB

KOMPAS.com - Trekking bisa dibilang aktivitas wisata paling populer di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) Sumatera Utara. 

Kegiatan alam ini bisa dilakukan di banyak destinasi ekowisata TNGL Sumatera Utara, seperti Tangkahan, Bukit Lawang, Kedah, dan Batu Katak.

Kompas.com berkesempatan mencoba trekking di salah satu destinasi ekowisata tersebut, tepatnya di Batu Katak.

Baca juga: Kolam Abadi Langkat, Wisata Air Jernih Seperti Kaca

Batu Katak sendiri resmi dijadikan desa wisata pada 2022. Trekking merupakan satu di antara banyak atraksi wisata yang ditawarkan desa ini.

Daerah trekking di Batu Katak adalah Gunung Kapur. Peserta trekking bisa menjelajah Gunung Kapur dengan durasi tertentu, sesuai dengan paket wisata yang dipilih.

Aneka flora dan fauna di Gunung Kapur Batu Katak, Langkat

Bila beruntung, peserta trekking dapat bertemu satwa liar, seperti siamang, saat menyusuri gunung ini.

Flora berupa Amorphophallus titanum atau bunga bangkai menjadi daya tarik lain yang dapat ditemukan bila trekking di Gunung Kapur.

Setidaknya, ada sekitar 10.000 tanaman bunga bangkai yang tersebar di Gunung Kapur. Hanya saja, bunga ini hanya mekar pada waktu tertentu.

Baca juga:

Saat trekking dalam rangka Familiarization Trip Ekowisata oleh DESMA Center yang merupakan proyek pembangunan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia pada Jumat (23/9/2022) lalu, sayangnya Kompas.com tidak menemukan bunga bangkai mekar.

Tanaman amorphophallus titanum yang ada di Gunung Kapur, Batu Katak, Langkat, Sumatera Utara. Kompas.com/Krisda Tiofani Tanaman amorphophallus titanum yang ada di Gunung Kapur, Batu Katak, Langkat, Sumatera Utara.

Satu Amorphophallus titanum yang Kompas.com temui masih berusia lima tahun. Batang tanamannya berwarna hijau, ukurannya cukup tinggi. Membutuhkan waktu dua tahun lagi untuk melihat bunganya mekar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.