Kompas.com - 14/05/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com – Yogyakarta terkenal sebagai daerah yang memiliki banyak tempat wisata menarik dan unik. 

Bagi yang berencana menghabiskan libur panjang di kawasan Yogyakarta, tak ada salahnya untuk mempir ke tempat wisata alam hingga sejarah yang ada.

Baca juga: 8 Wisata di Jalur Semarang-Yogyakarta, Bisa Mampir Saat Mudik

Berikut ini Kompas.com akan memberikan rekomendasi tempat wisat di Yogyakarta yang wajib dikunjungi wisatwan. 

1. Taman Pintar 

Tempat wisata edukasi yang satu ini berada di tengah kota, dan bisa digunakan sebagai tempat belajar sejarah, teknologi, flora, dan fauna. 

Taman Pintar Yogyakarta. Dok. Shutterstock Taman Pintar Yogyakarta.

Wahana yang bisa dicoba wisatawan, di antaranya ada Ruang Planetarium, Wahana Bahari, Area Perpustakaan, Gedung Kotak, dan Gedung Oval. Taman Pintar bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 08.30 WIB sampai 16.00 WIB. 

2. Obelix Hills

Jika mencari wisata alam di Yogyakarta dengan suhu udara yang sejuk, bisa coba berkunjung ke Obelix Hills.

Tempat wisata di Yogyakarta bernama Obelix Hills (https://obelixhills.com/).https://obelixhills.com/ Tempat wisata di Yogyakarta bernama Obelix Hills (https://obelixhills.com/).

Terdapat sekitar 30 spot foto menarik bagi pengujung. Menikmati suasana Obelix Hills di malam hari juga tak kalah mengagumkan dengan adanya hiasan lampu-lampu di berbagai sudutnya.

Jam bukanya pada Senin sampai Jumat adalah pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB, dan Sabtu - Minggu buka pukul 07.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Baca juga: 6 Vila Instagramable di Yogyakarta, Harga Mulai Rp 450.000-an

Tempat wisata yang menawarkan pemandangan dari atas ketinggian ini cukup terjangkau karena tiket masuknya hanya Rp 15.000 per orang. 

3. Geblek Menoreh View

Wisata alam ini menyajikan sebuah panorama sawah yang indah dan memiliki tempat makan berupa angkringan khas Yogyakarta. 

Angkringan di tempat ini menyediakan berbagai menu dengan 10 sampai 15 macam nasi berserta lauk-pauknya seperti sate, bakwan, tempe dan lain-lain. 

Tempat wisata di Yogyakarta - Angkringan kekinian Geblek Menoreh View di Kulon Progo, Yogyakarta.dok. Geblek Menoreh View Tempat wisata di Yogyakarta - Angkringan kekinian Geblek Menoreh View di Kulon Progo, Yogyakarta.

Harga yang ditawarkan juga sangat murah. Hanya Rp 1.000 sampai Rp 8.000 saja, kamu sudah bisa mencicipi makanan di angkringan. 

Jam operasional dari Geblek Menoreh View adalah pada pagi mulai pukul 07.00 WIB sampai malam pukul 19.00 WIB. 

4. Curug Sidoharjo

Air terjun ini wajib sekali dikunjungi terutama saat musim hujan, karena airnya lebih deras dan membuat pemandangannya makin indah. Alamat lengkapnya ada di kawasan Sumoroto, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta.

Curug Sidoharjo Shutterstock Curug Sidoharjo

Meski dibuka selama 24 jam, kamu disarankan datang saat pagi sampai sore hari karena saat malam tiba kondisinya sangat gelap, belum lagi jalannya juga cukup terjal. 

Melansir laman Dinas Pariwisata Kulon Progo, tinggi air terjunnya sekitar 30 meter dan akses jalan menuju Curug Sidoharjo juga mudah bisa dilewati kendaraan roda empat. 

Baca juga: 7 Tempat Wisata Yogyakarta dengan Akses Jalan Tanpa Tanjakan dan Turunan

Tiket masuknya per orang hanya Rp 3.000, itu pun sebagai biaya jasa lingkungan saja. Sedangakan biaya parkirnya untuk kendaraan roda dua hanya Rp 2.000, lalu untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp 5.000. 

5. De Mangol 

Wisata alam lain yang memiliki fasilitas lengkap dengan menyuguhkan pemandangan alam di Yogyakarta yang indah ada De Mangol.

De Mangol YogyakartaDemangol.com De Mangol Yogyakarta

Panorama perbukit serta Gunung Merapi bisa dilihat dari De Mangol yang dibuka pada pukul 10.00 sampai dengan 21.00 WIB setiap harinya. 

Baca juga: 5 Oleh-oleh Kekinian Yogyakarta, Cocok buat Dibawa Pulang

Lokasinya berada di Jalan Raya Patuk Ngoro-ngoro km 1,4, Sumber Tetes, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Selain makan dan minum, pengunjung juga bisa foto-foto dengan pemadangan alam yang cantik di tempat wisata ini.

6. Gembira Loka Zoo

Kebun binatang di Kota Yogyakarta ini bisa menjadi tempat wisata untuk keluarga dan anak-anak.

Gembira Loka ZooShutterstock Gembira Loka Zoo

Banyak wahana yang bisa dicoba oleh pengujung, mulai dari naik unta atau gajah, naik kereta mini, bermain skuter air, hingga melihat atraksi hewan. 

Jam buka Gembira Loka Zoo itu dari pukul 07.30 WIB sampai 16.30 WIB setiap harinya tanpa libur.

7. Tumpeng Menoreh

Yogyakarta juga memiliki sebuah restoran unik berbentuk heksagon yang dibangun di kawasan Bukit Menoreh. 

Tumpeng Menoreh di Jawa TengahDok. TUMPENG MENOREH Tumpeng Menoreh di Jawa Tengah

Alamat lengkap Tumpeng Menoreh itu ada di di Desa Ngargoretno, Kulon Progo, Yogyakarta dan dibuka selama 24 jam setiap harinya. 

Pengujung yang datang ke tempat ini bisa melihat pemandangan dari empat gunung sekaligus, yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Gunung Sumbing dan Sindoro. 

Baca juga: Harga Tiket dan Jam Buka Suraloka Zoo Wisata Hits di Yogyakarta

Tiket masuk ke Tumpeng Menoreh adalah Rp 50.000 dan nanti bisa ditukarkan dengan makanan serta minuman. 

8. Taman Watu Cafe & Resto

Tempat makan yang ada di dekat HeHa Ocean View ini menawarkan pemandangan pantai serta makanan laut yang lezat. 

Tempat wisata bernama Taman Watu Coffee and Resto di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta (dok. Facebook Taman Watu).dok. Facebook Taman Watu Tempat wisata bernama Taman Watu Coffee and Resto di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta (dok. Facebook Taman Watu).

Menu yang ditawarkan mulai dari berbagai jenis ikan laut seperti lobster, kakap, kerang dan olahan lezat lainnya. 

Sebagai tempat wisata alam ada juga spot foto berupa gazebo yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen bersama teman ataupun keluarga. 

Jam bukanya adalah dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 19.00 WIB dan beroperasi setiap hari tanpa libur. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.