Kompas.com - 14/05/2022, 10:10 WIB
Labuan Bajo, NTT. UNSPLASH/AGATA HEPY PUSPITASARILabuan Bajo, NTT.

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Lama tinggal wisatawan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada tahun 2022 turun menjadi tiga hari.

Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Pius Baut, mengatakan bahwa survei harus dilakukan untuk mengetahui lama tinggal wisatawan.

Baca juga:

"Hasil survei pada tahun 2020, lama tinggal wisatawan lima sampai enam hari di Labuan Bajo. Sekarang lama tinggal, tiga hari," kata Pius kepada Kompas.com, Jumat (13/5/2022).

Ia menjelaskan, lama tinggal setiap wisatawan bervariasi tergantung tujuan mereka. Ada yang selama dua hingga tiga hari, ada pula yang sampai sepekan.

Ilustrasi wisatawan di Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur.UNSPLASH/Yulia Agnis Ilustrasi wisatawan di Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur.

"Kalau datang meeting (pertemuan), satu-dua hari mereka sudah kembali. Kalau datang untuk diving (menyelam), pasti mereka sampai sepekan di sini," jelasnya.

Ia mengatakan, keindahan alam Labuan Bajo menjadi magnet bagi semua wisatawan. Namun, di balik itu, semua pihak harus mepertahankan kualitas destinasi, terutama terkait sampah dan limbah.

Baca juga:

"Faktor ini sangat mempengaruhi kenyamanan, keamanan, dan kesan. Jadi, kita semua wajib menjaga kebersihan destinasi wisata. Sehingga wisatawan bisa betah dan berlama-lama berada di Labuan Bajo," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.