Kompas.com - 08/05/2022, 06:06 WIB
Foto : Warga Desa Desa Wisata Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, begitu antusias menerima kunjungan Kedutaan Irlandia untuk Indonesia, Mr. Padraig bersama keluarganya, pada Rabu (4/5/2022).  Dokumen Kepala Desa Wae LolosFoto : Warga Desa Desa Wisata Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, begitu antusias menerima kunjungan Kedutaan Irlandia untuk Indonesia, Mr. Padraig bersama keluarganya, pada Rabu (4/5/2022).

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Warga Desa Wisata Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), antusias menerima kunjungan Duta Besar Irlandia untuk Indonesia Padraig Francis bersama keluarganya, Rabu (4/5/2022).

Kunjungan perdana mereka ke desa wisata Wae Lolos itu terwujud berkat kerja sama berbagai pihak, mulai dari Swiscontact SUSTOUR, DMO Flores, Pemerintah Desa Wisata Wae Lolos, hingga Tour Operator (TO) Eropa bernama Der Touristik (DTS).

Tiba di kampung itu, rombongan duta besar disambut secara adat dengan iringan musik gong dan gendang.

Baca juga: Desa Wisata Golo Loni NTT Tawarkan Paket Memancing Ikan di Sawah

Di desa itu, tepatnya di kampung Ndengo, mereka menikmati tarian Caci, tarian Tetek Alu yang diperagakan oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kampung Ceria.

Mereka juga menikmati beragam aktivitas keseharian masyarakat lokal, seperti menenun kain songket, serta mencicipi makanan dan minuman lokal khas Desa Wisata Wae Lolos.

Padraig, mengaku kunjungan ke desa itu dengan berbaur dengan masyarakat sangatlah berkesan. Ia berjanji akan menceritakan pengalaman itu kepada sahabat dan keluarganya.

"Ketika kami kembali ke Jakarta, kami akan merekomendasikan kampung ini kepada teman-teman lain. Terima kasih banyak atas penerimaan yang luar biasa ini," kata dia dalam rilis resmi yang Kompas.com terima, Sabtu (7/5/2022).

Kepala Desa Wisata Wae Lolos, Gervinus Toni menjelaskan, tamu keluarga Kedubes Irlandia mengunjungi desanya untuk melihat potensi alam serta menikmati beraneka atraksi budaya yang menjadi daya tarik wisata Desa Wae Lolos.

Baca juga: Pantai Pasir Putih Lia Mbala NTT Ramai Wisatawan pada H+3 Lebaran 2022

"Tentu kita di sini sangat senang dengan kunjungan ini. Apalagi yang datang adalah Duta Besar Irlandia untuk Indonesia. Mereka datang ke sini untuk liburan, bukan tugas kenegaraan," kata Gervinus.

Ia berharap dengan kunjungan Duta Besar Irlandia itu, makin banyak wisatawan yang datang menikmati keindahan alam dan budaya di Desa Wisata Wae Lolos.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.