Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/05/2022, 08:21 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Direktorat Pengembangan Destinasi II, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali mengadakan bimbingan teknis pengelolaan Desa Wisata Liang Ndara pada Rabu (11/05/2022)

Adapun Desa Wisata Liang Ndara tepatnya berada di Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina menyampaikan, Desa Liang Ndara sudah masuk sebagai desa wisata berkembang dan sedang menuju ke proses pengembangan menjadi maju dan mandiri.

Baca juga: Pertunjukan Tari 29 Jam Non-setop di Waterfront City Labuan Bajo

Hal itu tentu beralasan, karena Liang Ndara memiliki begitu banyak kekuatan selain budaya dan kearifan lokalnya.

"Desa itu memiliki hutan Mbeliling yang memiliki wisata minat khusus yaitu bird watching (pengamatan burung) karena begitu banyak burung endemik," ujar Shana dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Kamis.

Ia pun mengajak kaula muda desa itu untuk turut mempromosikan desa wisata melalui media sosial.

"Teman-teman pengelola di desa bisa mengumpulkan anak muda untuk foto berbagai keunikan, kekhasan, dan aktivitas wisata di Liang Ndara dan beramai-ramai memposting hal tersebut ke media sosial," tutur Shana.

Menurut dia, hal itu menjadi bentuk promosi karena saat ini sebelum berkunjung ke suatu destinasi wisata, orang-orang biasa mencari tahu terlebih dahulu.

Optimalkan lahan pertanian dan perkebunan di NTT

Selain menonjolkan budaya dan kearifan lokal, lanjut dia, lini lain yang perlu ditingkatkan di Desa Liang Ndara adalah mengoptimalkan pertanian dan perkebunan.

Saat ini BPOLBF sedang menyusun integrated tourism master plan (ITMP) guna mendorong wisatawan ke Labuan Bajo bukan saja untuk berkunjung ke pulau-pulau, tetapi juga ke desa-desa wisata, sehingga bisa lebih banyak memiliki interaksi dengan masyarakat.

Kemenpar merealisasikan nomadic amenities homepod di Desa Wisata Liang Ndara, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (20/9/2019). Dok. Humas Kemenpar Kemenpar merealisasikan nomadic amenities homepod di Desa Wisata Liang Ndara, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (20/9/2019).

"65 persen wisatawan datang kembali itu karena interaksi, karena rindu dengan interaksi dengan masyarakatnya, rindu dengan ceritanya, dan rindu dengan pengalaman yang dia dapat," tutur Shana.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat Pius Baut menuturkan, fokus pengembangan desa wisata adalah atraksi, amenitas, dan aksesibilitas (3A) dan rantai pasok menjadi salah satu unsur penting dalam pariwisata.

Baca juga: 6.725 Orang Kunjungi Labuan Bajo dalam Sepekan Saat Libur Lebaran 2022

"Wisata juga tidak selalu identik dengan bisa Bahasa Inggris, tetapi juga dengan memberi pasokan yang mendukung pasokan kebutuhan para wisatawan," pungkas Pius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com