Kompas.com - 09/05/2022, 21:01 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Libur Lebaran 2022 ini, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) diserbu wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat Pius Baut mengatakan, angka kunjungan wisatawan sebelum dan selama libur lebaran naik drastis.

Sebelumnya, lanjut dia, dalam sebulan jumlah wisatawan yang datang ke Labuan Bajo sekitar 7.000-an orang.

Baca juga: Labuan Bajo Diserbu Wisatawan Saat Libur Lebaran, Agen Perjalanan Kewalahan

"Ini dalam sepekan (libur Lebaran 2022), bisa tembus 6000-an lebih. Naiknya begitu signifikan dibandingkan sebelumnya," kata Pius kepada Kompas.com, Senin (9/5/2022).

Ia mengatakan, jumlah kunjungan yang datang ke Labuan Bajo masih wisatawan didominasi nusantara daripada mancanegara.

Jumlah wisatawan nusantara tercatat ada 2.727 orang. Sementara wisatawan mancanegara ada 355 orang.

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.WIKIMEDIA COMMONS/MUFIDQA91 Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

"Wisatawan-wisatawan yang datang ini berkunjung ke Taman Nasional Komodo, Gua Rangko, dan Cunca Wulang. Paling banyak ke TN Komodo. Di spot wisata ini yang tercatat karena ada retribusinya," kata Pius.

Ia mengakui bahwa dengan tingginya angka kunjungan wisatawan, pariwisata Labuan Bajo pelan-pelan bergeliat setelah dua tahun terakhir lesuh akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Goa Lerang, Wisata Alam yang Masih Tersembunyi di Labuan Bajo

"Wisatawan banyak artinya roda perekonomian masyarakat Labuan Bajo dan sekitarnya juga pelan-pelan bangkit. Kita berharap ke depan pariwisata Labuan Bajo bisa ramai seperti sebelum adanya pandemi Covid-19," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.