Kompas.com - 09/05/2022, 19:07 WIB

KOMPAS.com – Ibu adalah sosok yang sangat berarti bagi semua orang, oleh karena itu setiap tahunnya negara-negara di dunia menggelar perayaan Hari Ibu.

Adapun setiap tanggal 8 Mei adalah Hari Ibu Internasional (International Mothers Day). Di Indonesia, Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember. 

Diketahui bahwa festival menghormati ibu atau dewi ibu sudah ada sejak zaman dahulu dan berasal dari zaman kuno.

Orang Frigia (sekarang Turki) menggelar festival untuk Cybele, Bunda Agung para Dewa, sama seperti yang dilakukan oleh orang Yunani untuk dewi Rhea. 

Baca juga: Daftar Negara Paling Damai di Dunia, Ini Peringkat Indoesia

Tak mau ketinggalan orang Romawi juga mengadaptasi perayaan tersebut, kemudian ada juga festival serupa di India yakni untuk menghormati Dewi Durg, dikutip dari Britannica.com, Senin (9/5/2022). 

Kini praktiknya dalam merayakan Hari Ibu, setiap negara memiliki budaya masing-masing yang berbeda satu sama lainnya. 

1. Perancis

Negara Perancis membuat undang-udang pada 1950 dan menetapkan bahwa fetes des meres atau Hari Ibu jatuh pada minggu ke empat di bulan Mei.

Menara Eiffel di Kota Paris, PerancisShutterstock Menara Eiffel di Kota Paris, Perancis

Setiap tahunnya, tanggal Hari Ibu di Perancis bisa berubah dan ditunda seminggu, jika ternyata bertepatan dengan Pentakosta atau perayaan setelah kebangkitan Yesus Kristus.

Baca juga: Tinggi Menara Eiffel di Perancis Bertambah 6 Meter, Ada Apa?

Biasanya, perayaan Hari Ibu di Perancis hampir sama seperti di Amerika Serikat (AS), yakni memberikan bunga dan kartu ucapan kepada para ibu saat makan malam keluarga. 

2. China

Perayaan Hari Ibu di China memang tergolong baru. Meskipun begitu, Hari Ibu di China sama seperti negara lainnya. Momen ini digunakan anak untuk menunjukkan rasa baktinya.

Tembok Besar Chinashutterstock.com Tembok Besar China

China mengadakan Hari Ibu pada minggu kedua Mei setiap tahunnya. Pada saat itu, akan banyak anak yang memberikan hadiah kepada sang ibu.

Baca juga: 10 Goa Unik di Dunia, Ada yang Berbahaya untuk Dijelajahi

Kini orang-orang di China juga semakin banyak yang merayakan Hari Ibu karena menghormati ibu sudah menjadi sebuah tradisi. 

3. Inggris 

Berikutnya ada Inggris yang sudah merayakan Hari Ibu sejak abad ke-16 serta digelar sebelum Paskah. 

Menara Jam Istana Westminster, bahasa sehari-hari dikenal sebagai Big Ben, di Westminster, London, Inggris.canva.com Menara Jam Istana Westminster, bahasa sehari-hari dikenal sebagai Big Ben, di Westminster, London, Inggris.

Nama perayaan Hari Ibu di Inggris adalah Mothering Sunday yang dirayakan pada minggu keempat sebelum Paskah. Acara itu digelar ketika keluarga berkumpul untuk pergi gereja. 

Perayaan tersebut kini juga sudah berkembang. Pada abad ke-20, mereka akan merayakan Hari Ibu dengan menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah.

Baca juga: Royal Observatory Greenwich di Inggris, Rumah dari Greenwich Mean Time

Kemudian seperti di AS, perayaan Hari Ibu di Inggris juga diwarnai dengan pemberian kartu Hallmark (kartu ucapan dari merek paling tua di dunia). 

Lantaran masih mempertahankan nilai tradisionlanya, perayaan ini tetap punya nama yang sama dan biasanya diperingati pada 15 Maret. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.