Kompas.com - 26/09/2022, 12:01 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Kawasan pantai di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu favorit wisatawan.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diketahui agar wisatawan tetap aman sewaktu berkunjung.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan, pengunjung diharapkan mematuhi imbauan SAR baik secara langsung melalui pengeras suara, maupun petugas yang berkeliling.

Baca juga: Detik-detik Guru Besar UGM Tewas Terseret Ombak Pantai Gunungkidul Saat Foto Bersama

Selain melalui pengeras suara, imbauan juga bisa dilihat melalui rambu yang sudah dipasang petugas. Pengunjung dilarang melanggar rambu itu.

"Patuhi SAR yang bertugas, jika diingatkan ya dipatuhi. Seringkali pengunjung diingatkan malah tidak mau mendengar, dan terjadi kecelakaan laut," kata Suris kepada Kompas.com melalui telepon Senin (26/9/2022).

Dikatakannya, imbauan petugas ini tidak asal karena berdasarkan informasi dari BMKG ataupun laman info cuaca mengenai ketinggian gelombang.

Waspada rip current pantai-pantai Gunungkidul

Selain gelombang, wisatawan juga diingatkan mengenai adanya rip current atau arus balik yang terkonsentrasi di jalur sempit yang memecah zona empasan gelombang hingga melewati batas zona gelombang pecah.

Rip current hampir ada di setiap titik pantai-pantai Gunungkidul. Hanya besar-kecilnya arus yang berbeda.

Baca juga: Pantai Widodaren Gunungkidul, Tawarkan Panorama Bukit dan Pasir Putih

"Berbeda dengan Kabupaten Bantul arus baliknya berubah. Di Gunungkidul karena terdiri dari batu karang, sehingga (arusnya) menetap," kata Suris.

Untuk itu, Suris mengimbau kepada wisatawan untuk tidak mengabaikan peringatan dari petugas SAR saat berkunjung.

Ilustrasi pertemuan dua arus susur pantai saat terjadi boleran atau rip current yang terjadi di pantai.Facebook: Aditya Wahyudin Ilustrasi pertemuan dua arus susur pantai saat terjadi boleran atau rip current yang terjadi di pantai.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.