Kompas.com - 08/09/2022, 08:04 WIB

KOMPAS.com - Goa Pindul di Kabupaten Gunungkidul menawarkan aktivitas susur gua maupun bermain di air terjun yang indah. Wisatawan juga bisa mendatangi beberapa tempat sekaligus.

"Di sini ada beberapa paket wisata, susur Goa Pindul saja Rp 50.000, river tubing Oyo Rp 60.000, dan lainnya. Tapi yang paling favorit itu susur Goa Pindul," jelas pemandu di operator Wirawisata Goa Pindul, Sugito, kepada Kompas.com, Jumat (19/8/2022).

Baca juga:

Goa Pindul terletak di Jalan Gelaran 2, RT.03/RW.16, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tempat wisata alam ini berjarak sekitar 42 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, dan dapat ditempuh dengan kendaraan selama kurang lebih 1 jam 20 menit.

Kawasan Goa Pindul sendiri didominasi oleh wisata gaa dan sungai. Oleh karena itu, kamu sebaiknya menyiapkan pakaian ganti jika ingin berkunjung ke tempat ini.

Baca juga:

Untuk diketahui, beberapa kegiatan di bawah bisa diikuti melalui paket wisata yang sudah disediakan oleh operator, salah satunya Wirawisata Goa Pindul.

Namun, kamu bisa juga merancang sendiri rencana perjalananmu di sekitar Gunungkidul. Jika ingin berwisata seharian di Goa Pindul dan sekitarnya, berikut ide itinerary yang bisa diikuti:

Susur Goa Pindul

Jalur masuk wisata Goa Pindul di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Jalur masuk wisata Goa Pindul di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta.

Setibanya di lokasi pada pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB, kamu bisa langsung menuju basecamp Wirawisata Goa Pindul, kemudian menitipkan barang-barang berharga dan berganti baju.

Setelah siap memakai pelampung dan peralatan lainnya, kamu bisa berjalan kaki sekitar 150 meter menuju pintu masuk Goa Pindul.

Baca juga: Harga Paket Wisata Goa Pindul, Susur Tiga Goa Mulai Rp 150.000

Wisata ini merupakan kegiatan menyusuri gua dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua. Selama menyusuri gua dengan ban, kamu bisa melihat stalagmit dan stalaktit yang menawan.

Adapun Goa Pindul terbagi menjadi tiga zona, yaitu zona terang, zona remang-remang, dan zona gelap. Di akhir perjalanan, pengunjung dibebaskan untuk berenang di sungai dan berfoto-foto di spot yang menarik.

Memiliki panjang 350 meter, aktivitas susur Goa Pindul membutuhkan durasi 45 menit hingga satu jam. Biaya susur Goa Pindul untuk wisatawan nusantara (wisnus) mulai dari Rp 50.000 per orang. 

Baca juga: 5 Tempat Melihat Sunrise di Gunungkidul Yogyakarta

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.