Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid Syeikh Zayed Solo Bakal Ditanami 29 Tanaman Khas Arab Saudi

Kompas.com - 07/07/2023, 17:29 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sejak diresmikan, Masjid Sheikh Zayed Solo, Jawa Tengah sudah menjadi salah satu destinasi wisata religi dan tempat beribadah yang banyak diburu masyarakat.

Selain itu, pihak pengelola masjid juga ingin menjadikan masjid ini sebagai obyek wisata edukasi, yakni dengan menambahkan 29 tanaman hias khas Arab Saudi.

 "Ada zaitun, buah tin, lidah buaya, mentimun, kurma. Rencananya kami tanam untuk memberikan edukasi kepada para pengunjung," kata Direktur Operasional Masjid Raya Sheikh Zayed Munajat di Solo, Jumat (7/7/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: Panduan Shalat Jemaah di Masjid Sheikh Zayed, Foto-fotonya Nanti

Nantinya, lanjut dia, tanaman-tanaman tersebut akan dilengkapi dengan barcode. Ketika barcode dipindai, wisatawan akan mendapatkan informasi lebih rinci tentang tanaman tersebut.

Ia menambahkan, ide menjadikan Masjid Sheikh Zayed sebagai obyek wisata edukasi karena banyak pengunjung yang menunggu masuknya waktu shalat dengan berada di sekitar area masjid.

"Kami manfaatkan dengan memberikan edukasi kepada pengunjung. Kami terinspirasi dari UEA (Uni Emirat Arab), di Dubai ada Bustanul Quran. Nanti penanaman bertahap, sebagian sudah ditanam tapi belum kami kasih tulisan," ujarnya.

Baca juga: Masjid Sheikh Zayed dan Solo Safari Naikkan Kunjungan Wisatawan ke Solo

Dikunjungi 30.000 orang setiap hari selama liburan

Masjid ini turut kebanjiran pengunjung selama periode libur panjang Idul Adha dan liburan sekolah.

Sebelumnya, Asisten Direktur Operasional Masjid Sheikh Zayed Bagus Sigit Setiawan mengatakan jumlah pengunjung mencapai sekitar 30.000 orang per hari pada periode libur panjang ini atau naik 30-40 persen dibandingkan dengan hari biasa.

Baca juga: Tarif Parkir Terbaru di Masjid Sheikh Zayed Solo, Jangan Mau Bayar jika Tidak Sesuai

Pengunjung, kata dia, bahkan sudah berdatangan sejak sebelum fajar.

@kompastravel #MasjidRayaSheikhZayed Solo bernuansa putih nan elegan, pemberian Presiden Uni Emirat Arab untuk Jokowi sebagai simbol persahabatan UEA dan Indonesia ?#masjidraya #masjidrayasolo #soloplacetogo #solohits #wisatasolo #serunyabelajar ? Sunroof - Nicky Youre & dazy

"Bahkan saat libur sekolah ini sejak subuh sudah banyak pengunjung yang datang," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com