Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih dari 1.000 Turis Asing Kunjungi Kalimantan Timur hingga Mei 2023

Kompas.com - 08/07/2023, 10:11 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebanyak 1.165 wisatawan mancanegara (wisman) tercatat mengunjungi destinasi wisata di Kalimantan Timur mulai dari Januari 2023 hingga Mei 2023.

Angka tersebut menunjukkan peningkatan karena pada periode yang sama tahun 2022, tidak ada kunjungan wisman ke provinsi tersebut. Sementara itu, pada periode yang sama tahun 2021, tercatat ada 82 wisman yang berkunjung.

Baca juga:

"Berarti kunjungan wisman tahun ini ada peningkatan drastis," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur, Yusniar Juliana, dikutip dari Antara, Sabtu (8/7/2023).

Pada bulan Mei 2023, ada 466 wisman yang mengunjungi Kalimantan Timur, atau meningkat 43,83 persen dibanding bulan April 2023.

Tingkat hunian kamar hotel di Kalimantan Timur naik

Kawasan lindung mangrove Margomulyo merupakan salah satu lokasi wisata warga Balikpapan, Kalimantan Timur. Di sana, masih bisa ditemukan keriuhan puluhan monyet hidung belanda atau bekantan di waktu-waktu tertentu.KOMPAS.com/DANI JULIUS ZEBUA Kawasan lindung mangrove Margomulyo merupakan salah satu lokasi wisata warga Balikpapan, Kalimantan Timur. Di sana, masih bisa ditemukan keriuhan puluhan monyet hidung belanda atau bekantan di waktu-waktu tertentu.

Jumlah kunjungan wisman tersebut turut memengaruhi sejumlah sektor di Kalimantan Timur, antara lain transportasi, suvenir, dan tingkat hunian hotel.

"Tingkat penghunian kamar (TPK) hotel klasifikasi bintang di Kalimantan Timur pada Mei 2023 tercatat 58,12 persen, naik 4,50 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya," terang Yusniar.

Akan tetapi, lanjutnya, bila dibandingkan dengan bulan Mei 2022 maka TPK Mei 2023 mengalami penurunan sebesar 4,42 poin. 

Baca juga:

Di hotel klasifikasi bintang, rata-rata durasi tamu menginap pada Mei 2023 mencapai 1,66 hari.

Rinciannya, rata-rata lama menginap tamu asing (wisman) hingga 2,1 hari, sedangkan rata-rata lama menginap tamu nusantara (wisatawan nusantara) hingga 1,65 hari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com