BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Tourism Australia

Seru, Ini Aktivitas Liburan Musim Dingin dan Semi yang Wajib Dicoba di Melbourne

Kompas.com - 12/07/2023, 10:03 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagai Ibu Kota dari Negara Bagian Victoria, Australia, Melbourne kerap dijadikan tujuan wisata favorit, baik pelancong dalam negeri maupun dari luar, termasuk Indonesia.

Pasalnya, kota tersebut memiliki banyak atraksi, keindahan alam, dan destinasi wisata yang mampu menghadirkan pengalaman menarik.

Berada di daerah beriklim sedang, Melbourne memiliki empat musim. Tiap musim, kota ini menyuguhkan pesona yang berbeda-beda.

Untuk diketahui, musim panas di Melbourne terjadi pada Desember-Februari, musim gugur Maret-Mei, musim dingin Juni-Agustus, dan musim semi September-November.

Jika berencana datang dalam waktu dekat, Kompas.com sudah merangkumkan deretan aktivitas seru di kota berjuluk “4 Seasons in One Day” pada musim dingin dan semi. Simak ulasan berikut.

Musim dingin

Bila ingin merasakan sensasi musim dingin dalam waktu dekat, Anda tidak perlu pergi jauh ke negara di belahan dunia utara dan menunggu hingga akhir tahun.

Anda cukup melakukan perjalanan ke Melbourne menggunakan pesawat selama 6 jam 10 menit dari Jakarta pada bulan ini hingga Agustus nanti.

Ada beberapa aktivitas liburan musim dingin seru yang wajib Anda coba selama berada di Melbourne.

1. Menghangatkan tubuh ke Victoria’s Natural Hot Springs

Aktivitas pertama yang wajib dicoba adalah menghangatkan tubuh di pemandian air panas alami pada Victoria’s Natural Hot Springs.

Untuk diketahui, Negara Bagian Victoria memiliki sejumlah titik pemandian air panas alami, seperti Peninsula Hot Springs, Hepburn Springs, dan Mornington Peninsula Hot Springs.

Dilansir dari laman Explore Victoria Australia, Anda akan merasakan nuansa berbeda saat berendam di pemandian air panas di semua tempat tersebut. Hal ini dikarenakan masing-masing tempat memiliki keindahan dan pemandangan alam yang memukau.

Peninsula Hot Springs, misalnya. Pemandian ini terletak di alam terbuka dan memiliki air panas alami yang mengalir ke kolam pemandian. Salah satu unit pemandian unggulan yang ada di tempat tersebut adalah Bath House.

Peninsula Hot Springs.Dok. Visit Victoria Peninsula Hot Springs.

Adapun salah satu unit pemandian unggulan yang ada di tempat tersebut adalah Bath House.

Dikutip dari visitmelbourne.com, Bath House pada Peninsula Hot Springs memiliki lebih dari 70 bak yang menawarkan pengalaman mandi yang berbeda.

Fasilitas dan layanan pada unit tersebut meliputi sauna, refleksi, pusat kesehatan, hammam Turki kolam gua, dan kolam di puncak bukit dengan pemandangan 360 derajat ke wilayah tersebut.

Adapun Peninsula Hot Springs berjarak sekitar 90 kilometer (km) dari pusat Melbourne.

2. Bermain ski di wilayah Alpine

Sama seperti di daerah beriklim sedang lain, Anda dapat pula bermain ski di Victoria, tepatnya di wilayah Alpine Victoria.

Di tempat tersebut, Anda bisa menemukan beberapa resor ski terbaik di Australia, seperti Mount Buller, Mount Hotham, Falls Creek, dan Mount Baw Baw.

Jika ingin bermain ski dengan fasilitas dan atraksi menarik, Anda dapat mencobanya dengan bermain di Mount Buller.

Mount Buller.Dok. Visit Victoria Mount Buller.

Seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (18/7/2020), wisatawan dapat bermain ski ataupun snowboard yang diangkut dengan kereta gantung di wilayah tersebut.

Selain itu, ada juga fasilitas Toboggan yang merupakan sebuah kereta salju datar yang kerap digunakan untuk berkendara di salju.

Tak sampai di situ, Anda juga bisa mengikuti tur menaiki kereta salju yang ditarik oleh para anjing husky. Ada juga kereta gantung yang menawarkan pemandangan pegunungan di sekitar dan sejumlah paket relaksasi di spa.

3. Menyaksikan migrasi paus di Phillip Island

Phillip Island merupakan sebuah pulau kecil yang terletak sekitar 140 km dari Melbourne. Pulau ini terkenal dengan atraksi parade penguin. Dalam atraksi ini, ribuan penguin kecil yang berada di pinggir pantai setelah mencari makan di laut.

Selain penguin, nama Phillip Island juga terkenal karena menjadi tempat migrasi bagi gerombolan paus selama musim dingin.

Oleh karena itu, pada musim tersebut, Anda bisa menyaksikan paus bungkuk, orca, dan paus biru berenang dan melompat di perairan sekitar pulau.

Salah satu paus yang ada di Phillip Island.Dok. Visit Victoria Salah satu paus yang ada di Phillip Island.

Dikutip dari visitmelbourne.com, beberapa tempat terbaik yang dapat digunakan untuk menikmati migrasi paus tersebut adalah The Nobbies, Pyramid Rock, Cape Woolamai, Surf Beach, dan wilayah Summerlands.

Anda juga bisa melihat dari dekat semua paus tersebut menggunakan kapal carteran atau mengikuti tur yang telah disediakan oleh pengelola wisata.

Terdapat beberapa tur berperahu yang bisa Anda pilih, di antaranya tur Petualangan EcoBoat Wild Oceans dan tur Pesiar Paus Musim Dingin.

Dengan mengikuti tur tersebut, Anda juga bisa mempelajari semua tentang paus dan kebiasaan migrasi mereka.

Ada juga tur Phillip Island Helicopters yang menawarkan kesempatan untuk melihat paus yang bermigrasi melalui helikopter.

Musim semi

Tak kalah dengan musim dingin, musim semi di Melbourne juga menawarkan berbagai kegiatan menarik yang bisa dinikmati. Apalagi, saat musim semi, banyak festival unik diselenggarakan di sana.

1. Menikmati Festival Bunga Tulip Tesselaar

Festival Bunga Tulip Tesselaar adalah salah satu festival bunga terbesar dan terindah di Australia. Festival ini diselenggarakan setiap tahun pada September hingga Oktober di Tesselaar Tulip Farm—sebuah lahan pertanian dengan luas 25 hektare (ha) dan terletak di Silvan yang berjarak sekitar 60 km dari Melbourne.

Tesselaar Tulip Farm.Dok. Visit Victoria Tesselaar Tulip Farm.

Di festival tersebut, Anda bisa melihat lebih dari satu juta bunga tulip dengan berbagai warna dan jenis yang bermekaran dengan indah. Anda juga bisa menikmati berbagai acara budaya, musik, tari, makanan, serta hiburan lain.

2. Berkunjung ke festival bunga sakura di Cherryhill Orchards

Jika ingin merasakan suasana dan budaya Jepang di Melbourne, Anda bisa berkunjung ke Festival Bunga Sakura yang diselenggarakan di Cherryhill Orchards atau kebun ceri seluas 40 ha yang terletak di Wandin East, sekitar 50 km dari Melbourne.

Festival tersebut rutin diadakan setiap tahun pada September hingga Oktober. Di sini, Anda bisa melihat ribuan pohon sakura atau bunga ceri yang bermekaran dengan cantik.

Ceri yang ada di Cherryhill Orchards.Dok. Visit Victoria Ceri yang ada di Cherryhill Orchards.

Anda juga bisa menikmati berbagai makanan Jepang, seperti sushi, ramen, takoyaki, dan mochi dengan mengenakan kimono yang disediakan di festival tersebut.

3. Melihat bunga bermekaran dan ladang kanola di sepanjang Great Ocean Road

Great Ocean Road merupakan salah satu rute perjalanan darat terbaik di dunia. Rute ini membentang sepanjang 243 km di sepanjang pantai selatan Victoria, mulai dari Torquay hingga Allansford.

Di sepanjang rute tersebut, Anda bisa melihat pemandangan alam yang spektakuler, seperti tebing karang, pantai berpasir, hutan hujan, danau vulkanik, serta taman nasional.

Great Ocean Road.Dok. Visit Victoria Great Ocean Road.

Selama perjalanan, jangan lupa mampir ke beberapa tempat wisata yang Anda lewati. Sejumlah tempat wisata tersebut adalah Twelve Apostles, London Bridge, Loch Ard Gorge, dan Bay of Islands.

Jika melakukan perjalanan saat musim semi, Anda juga bisa melihat bunga-bunga liar yang tumbuh dan ladang kanola yang bermekaran di sekitar jalan tersebut.

Itulah sejumlah aktivitas seru yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Melbourne saat musim dingin ataupun musim semi.

Tunggu apa lagi? Segera atur jadwal dan persiapkan berbagai aktivitas seru yang ingin Anda coba di Melbourne.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang Melbourne, silakan kunjungi tautan berikut.


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com