Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Aktivitas di Hutan Hujan ImersifKu, Menikmati Dongeng dan Mewarnai

Kompas.com - 14/07/2023, 11:08 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hutan Hujan ImersifKu di Hublife, Jakarta Barat, bertujuan mengenalkan hutan hujan kepada masyarakat yang tinggal di perkotaan, sekaligus mengingatkan pentingnya hutan terkait pasokan oksigen di bumi.

"Dari ruang imersif ini, kita berharap ada nilai yang bisa diambil, yaitu menyadari bahwa hutan hujan itu sangat penting perannya bagi kehidupan," kata Creative Director Imagery Creative Mutiara Martha Lena kepada Kompas.com di Hublife Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, Rabu (12/7/2023).

Baca juga:

Lena mencoba menghadirkan hutan hujan dengan konsep audiovisual supaya bisa membangun imajinasi pengunjung mengenai hutan hujan.

 

Hutan Hujan ImersifKu saat ini diadakan di Hublife, Mall Taman Anggrek, tepatnya di Jalan Tanjung Duren Timur 2, Tanjung Duren, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Ruang imersif ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 11.00 WIB hingga puku 21.00 WIB. 

Adapun harga tiket masuk dari Senin sampai Kamis mulai Rp 85.000 per orang, sedangkan harga tiket masuk hari Jumat, Sabtu, Minggu, dan libur nasional mulai Rp 110.000 per orang.

Kompas.com merangkum beberapa aktivitas di Hutan Hujan ImersifKu setelah berkunjung ke lokasi pada Rabu (12/7/2023).

Aktivitas di Hutan Hujan ImersifKu

1. Mendengarkan dongeng

Pertunjukan di Hutan Hujan ImersifKu, di Hublife Mall Taman Anggrek.KOMPAS.com/ Suci Wulandari Putri Pertunjukan di Hutan Hujan ImersifKu, di Hublife Mall Taman Anggrek.

Pertunjukan pertama yang akan disaksikan oleh pengunjung saat masuk Hutan Hujan ImersifKu ialah pertunjukan dongeng atau Story Telling Mapping Projection.

Pada waktu itu, pengunjung akan menyaksikan pendongeng yang akan bercerita mengenai petualangan anak perempuan suku dayak bernama Nara, bersama temannya Enzo dan Dany.

Guna mendukung plot cerita, pendongeng juga dibantu dengan media berupa pop up yang menampilkan gambaran hutan hujan di Kalimantan.

Di area pertunjukan juga disediakan tempat duduk layaknya sedang menonton teater.Tempat duduk tersebut diberi bantalan busa sehingga pengunjung bisa duduk dengan nyaman hingga pertunjukkan dongeng selesai.

Baca juga: Syarat Berkunjung ke Hutan Hujan ImersifKu, Wajib Lepas Alas Kaki

2. Melihat ruang ImersifKu

Hutan Hujan ImersifKu di Hublife, Mall Taman Anggrek.KOMPAS.com/ Suci Wulandari Putri Hutan Hujan ImersifKu di Hublife, Mall Taman Anggrek.

Setelah melihat pertunjukan dongeng, pengunjung akan pindah ke Immersive Room atau ruang imersif.

Di ruangan ini, pengunjung akan diajak untuk melihat lebih jauh ke dalam hutan hujan melalui tayangan 360 derajat. Tayangan yang ditampilkan penuh dengan warna cerah layaknya hutan untuk mendukung suasana.

Pengunjung akan diberitahu mengenai pentingnya menjaga hutan untuk kelangsungan hidup manusia di bumi, lengkap dengan keberadaan fauna yang hidup dan tersebar di seluruh hutan Indonesia.

Dari ruangan ini, diharapkan pengunjung, khususnya kalangan anak yang belum pernah melihat hutan hujan, bisa ikut merasakan keindahan hutan melalui tayangan yang ditampilkan.

Baca juga: Cara Beli Tiket Masuk Hutan Hujan ImersifKu, Online dan Offline

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com