Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pawai Jampana, Tradisi Unik Perayaan 17 Agustus di Jawa Barat

Kompas.com - 29/07/2023, 13:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Berbagai aktivitas digelar untuk memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI. Jika merayakan 17 Agustus di Bandung, maupun wilayah Jawa Barat lainnya, kamu akan menjumpai pawai jampana.

Pawai jampana merupakan tradisi turun temurun yang masih dilestarikan masyarakat Jawa Barat hingga saat ini.

Baca juga:

Sebagian besar warga turun ke jalan untuk menyemarakkan pawai jampana pada 17 Agustus. Lantas, apa itu pawai jampana? Berikut ulasannya seperti dihimpun Kompas.com.

Apa itu pawai jampana

Ilustrasi jampana dalam Pawai Budaya Kota BogorDok. Pemerintah Kota Bogor Ilustrasi jampana dalam Pawai Budaya Kota Bogor

Jampana merupakan bahasa Sunda yang berarti tandu, seperti dikutip dari website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. Dengan demikian, pawai jampana berarti pawai atau arak-arakan tandu.

Bukan hanya satu, namun ada puluhan tandu yang memeriahkan pawai jampana, berdasarkan informasi dari website Wonderful Indonesia. Tandu tersebut dibawa oleh dua hingga empat orang, yang memikul sisi depan dan belakang tandu.

Menariknya, tandu tersebut berisi aneka hasil bumi, makanan khas Jawa Barat, dan hasil kerajinan tangan masyarakat setempat. Tandu-tandu tersebut akan diarak beriringan melalui sebuah rute, menuju ke satu tempat yang telah ditentukan.

Baca juga:

Rombongan tandu ini, diiringi dengan alunan musik dari alat musik tradisional maupun modern. Sesampainya di lokasi yang sudah ditentukan, isi tandu tersebut kemudian akan diperebutkan oleh peserta pawai dan warga yang turut menyaksikan.

Mereka akan menyantap bersama-sama isi makanan yang dibawa dalam Pawai Jampana tersebut. Tak heran, jika pawai jampana ini selalu berlangsung meriah serta dinantikan oleh masyarakat Jawa Barat.

Selain memeriahkan perayaan HUT kemerdekaan RI, pawai jampana juga kerap digelar pada hari besar lainnya, seperti peringatan ulang tahun kota/kabupaten di Jawa Barat.

Tradisi unik perayaan 17 Agustus ini, sekaligus menjadi daya tarik wisata di Jawa Barat, khususnya Bandung. Selain warga setempat, para wisatawan turut menyaksikan kemeriahan Pawai Jampana.  

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com