Kompas.com - 07/08/2022, 09:03 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia tengah bersiap memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 mendatang.

 Salah satu bentuk perayaan hari kemerdekaan RI adalah dengan menggelar sejumlah lomba. 

Baca juga: 30 Ucapan HUT Ke-77 RI, Cocok untuk Dibagikan ke Media Sosial 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (04/08/2022), warga telah diizinkan untuk menggelar berbagai lomba 17 Agustus.

Sebab, seluruh wilayah Indoneisa masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 terhitung mulai Selasa (02/08/2022). 

"Situasi pandemi di Level 1 PPKM tidaklah menghalangi kita untuk merayakan hari kemerdekaan," kata Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Brigjen TNI (Purn) Alexander Ginting  kepada Kompas.com, Kamis (4/8/2022). 

Baca juga: 12 Agenda Peringatan HUT Ke-77 RI, Ada Pembukaan TMII Usai Renovasi 

Kendati demikian, Ginting mengingatkan warga untuk tetap memathui protokol kesehatan dan waspada terhadap pandemi Covid-19.

Ide lomba 17 Agustus 

Berikut sejumlah ide lomba 17 Agustus yang unik dan meriah seperti dihimpun dari Kompas.com dan Tribun News

1. Memasukkan pensil ke botol

Lomba yang paling sering ditemukan adalah memasukkan pensil ke dalam botol. Setiap peserta lomba harus memasukkan pensil yang diikatkan ke perut dengan seutas tali ke dalam sebuah botol.

Baca juga: Napak Tilas Kemerdekaan Indonesia di Jakarta, Mulai dari Mana?

Lomba memasukkan pensil ini menjadi seru karena peserta lomba tidak boleh memegang pensil dan tali. Selain itu, peserta harus membelakangi botol. 

2. Makan kerupuk

Lomba makan kerupuk tidak pernah absen saat perayaan 17 Agustus. Meskipun sederhana, namun lomba makan kerupuk sangat seru.

Setiap peserta harus makan kerupuk yang diikat pada sebuah tali, tanpa menggunakan tangan.

Baca juga: 17 Agustus 2022 HUT Keberapa RI? Simak Sejarahnya 

Anak-anak kecil melakukan lomba makan kerupuk untuk memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di kawasan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Anak-anak kecil melakukan lomba makan kerupuk untuk memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di kawasan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Agar lebih seru, panitia lomba kerap menggoyangkan tali yang mengikat kerupuk sehingga peserta harus berusaha menggapai kerupuk dengan mulut. 

3. Menangkap belut

Meski terlihat sederhana, lomba menangkap belut ini sebenarnya cukup sulit. Pasalnya, setiap peserta lomba harus menangkap belut yang sangat licin kemudian membawanya ke ember masing-masing. 

Tak jarang peserta yang sudah berhasil menangkap belut harus kehilangan tangkapannya di tengah jalan karena tubuh belut yang licin, sehingga sulit untuk dipegang. 

4. Estafet tepung 

Lomba estafet tepung dilakukan secara berkelompok, masing-masing berjumlah lima hingga tujuh peserta. Semua anggota kelompok  duduk berbaris ke belakang.

Warga Perumahan  Bumi Melati Asri, Desa Bengle, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Karawang, tengah mengikuti lomba estafet tepung dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73, Jumat (17/8/2018).KOMPAS.com/Farida Farhan Warga Perumahan Bumi Melati Asri, Desa Bengle, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Karawang, tengah mengikuti lomba estafet tepung dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73, Jumat (17/8/2018).

Kemudian, peserta paling depan akan menuangkan tepung ke piring yang dipegang oleh peserta di belakangnya. Uniknya, peserta menuangkan tepung tanpa balik badan. 

Jadi, muka peserta tak luput dari guyuran tepung yang tumpah dari piring. Pemenangnya adalah kelompok yang berhasil menuangkan tepung paling banyak. 

Baca juga: Cara Ikut Upacara HUT Ke-77 RI di Istana Merdeka dan Online

5. Menangkap bebek

Selain menangkap belut, lomba menangkap bebek juga menjadi alternatif perlombaan yang seru. 

Lomba menangkap bebek ini diikuti oleh lima hingga delapan peserta. Mereka harus menangkap bebek dalam keadaan mata tertutup.

Bebek yang dilepas di arena perlombaan hanya ada satu ekor, sehingga setiap peserta harus berlomba menangkap bebek tersebut dengan cepat. 

Baca juga: HUT RI, Pendaki Muda Indonesia Akan Kibarkan Merah Putih di Puncak Elbrus

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.