Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Pantai Kelingking, Kunjungan Wisatawan Masih Dibuka

Kompas.com - 31/07/2023, 13:45 WIB
Gading Perkasa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kebakaran melanda Pantai Kelingking, Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali pada Minggu (30/7/2023) lalu.

Dalam video berdurasi singkat yang diunggah di akun Instagram @denpasarnow, terlihat api dengan cepat menyebar melalap kawasan semak belukar di pantai tersebut lantaran angin yang berembus kencang.

Kebakaran di Pantai Kelingking sudah ditangani

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Klungkung Ni Made Sulistiawati saat dikonfirmasi menyebutkan, kebakaran yang terjadi di Pantai Kelingking pada Minggu (30/7/2023) sudah ditangani.

Baca juga: Lift Kaca di Pantai Kelingking Dianggap Rusak Lingkungan, ini Kata Kadispar Bali

"Sementara lokasi kebakaran masih dipasangi police line, kami akan mengecek lokasi lebih dulu," terangnya kepada Kompas.com, Senin (31/7/2023) via pesan singkat WhatsApp.

Terlepas dari kebakaran tersebut, kawasan Pantai Kelingking tetap dibuka dan bisa dikunjungi wisatawan.

"Tetapi untuk wisatawan yang akan turun ke pantai kita pantau dulu kondisi pasca kebakaran, apakah memungkinkan atau tidak," imbuhnya.

Pantai Kelingking masih dibuka

Dua agen perjalanan, Nusa Penida Tour and Travel serta Nusa Penida Day Trip juga menjelaskan jika paket wisata ke Pantai Kelingking masih dibuka.

Baca juga: Ingat, Wisatawan Dilarang Renang di Pantai Kelingking Nusa Penida

Hanya saja, wisatawan diimbau untuk tidak turun ke pantai mengingat banyak batu yang lepas lantaran tidak ada semak belukar.

Berfoto di Pantai Kelingking, Bali.Shutterstock/Guitar photographer Berfoto di Pantai Kelingking, Bali.

"Jadi wisata tetap dibuka dan wisatawan dapat menikmati pemandangan dari atas tebing," demikian keterangan Nusa Penida Day Trip kepada Kompas.com melalui pesan langsung Instagram.

"Tetap buka seperti biasa, kebakaran tidak mempengaruhi wisata ke Pantai Kelingking," sebut Darma, staf Nusa Penida Tour and Travel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com