Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Wisata Berbasis Lingkungan, IKN Nusantara Akan Dihijaukan Kembali

Kompas.com - 31/07/2023, 21:12 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Bidang Otorita Ibu Kota Negara baru, Nusantara (IKN Nusantara) Alimuddin mengatakan, wilayah IKN Nusantara di Kalimantan Timur akan dihijaukan kembali guna menjaga kawasan hutan di Kalimantan.

"Kita berdampingan dengan flora dan fauna, tentu tidak ada kawasan hijau yang akan dihilangkan (untuk keperluan wisata), justru dengan penghutanan kembali ini akan menjadi wisata yang unik," kata Alimuddin dalam Weekly Press Briefing di Jakarta Pusat, Senin (31/7/2023).

Baca juga:

Ia melanjutkan, 65 persen dari 256.00 hektar kawasan ini nantinya akan dihutankan kembali, seperti kondisi hutan sekitar tahun 1970-1980-an.

Tidak hanya itu, lanjutnya, progres pembangunan istana Presiden di IKN Nusantara sudah 35 persen dan akan menjadi daya tarik tersendiri. Hal itu didukung dengan tumbuhnya kembali pohon-pohon endemik Kalimantan.

Baca juga: Dekat dengan IKN, Balikpapan Fokus Kembangan Wisata Bahari

Seperti inilah calon Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, saat didatangi Minggu (22/5/2022). Pemerintah setempat mengaku harus menolak permintaan untuk berkemah di lokasi yang pernah dijadikan tempat Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkemah tersebut.KOMPAS.com/ZAKARIAS DEMON DATON Seperti inilah calon Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, saat didatangi Minggu (22/5/2022). Pemerintah setempat mengaku harus menolak permintaan untuk berkemah di lokasi yang pernah dijadikan tempat Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkemah tersebut.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono menambahkan, pengembangan destinasi wisata ini nantinya tidak akan terpusat di IKN Nusantara, tetapi juga di kawasan-yang menghubungkan perjalanan menuju IKN Nusantara.

"Wisata yang kita harapkan tidak semata-mata di IKN, tapi kita akan menghubungkan dengan kawasan wisata lain," kata Bambang.

Baca juga:

Adapun kawasan yang terhubung dengan jalur menuju IKN Nusantara, di antaranya Kota Raja di Tenggarong dan wisata bahari di Pulau Derawan.

"Kita tetap mempertahankan lahan hijau, karena kita mengembangkan pariwisata berbasis eco-tourism (wisata berbasis lingkungan)," tutur Bambang.

Beberapa pilihan wisata yang akan ditawarkan di IKN Nusantara, kata Bambang, meliputi trekking, jalan-jalan di tengah hutan, serta melihat jajaran pohon pinus dan mangrove.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Para Menteri Glamping di IKN Nusantara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com