Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tempat Melihat Perayaan Galungan di Bali 

Kompas.com - 01/08/2023, 23:03 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Umat Hindu di Bali akan merayakan Hari Raya Galungan pada esok hari, Rabu (2/8/2023). Ada beragam ritual yang dilakukan umat Hindu pada hari suci tersebut.

Jika berada di Bali, ada sejumlah tempat melihat perayaan Galungan tersebut. Sebagian besar adalah pura, lantaran umat Hindu akan menggelar sembahyang pada Hari Raya Galungan.

Baca juga:

Wisatawan yang ingin menyaksikan peringatan Hari Raya Galungan, diwajibkan tetap menghormati para umat yang tengah menggelar ritual sembahyang.

Pada hari suci Galungan, umat Hindu merayakan kemenangan kebaikan (dharma) melawan kejahatan (adharma). Umat Hindu melakukan persembahan kehadapan Sang Hyang Widi dan dewa atau bhatara sebagai tanda puji syukur serta permohonan untuk keselamatan.

Tempat melihat Galungan di Bali 

Kompas.com merangkum tempat melihat perayaan Galungan di Bali, sebagai berikut. 

1. Tanah Lot 

Pura Tanah Lot, salah satu kawasan wisata pantai di Tabanan, Bali. Berikut nama-nama bulan dalam Kalender Saka Bali.UNSPLASH/NICK FEWINGS Pura Tanah Lot, salah satu kawasan wisata pantai di Tabanan, Bali. Berikut nama-nama bulan dalam Kalender Saka Bali.

Tanah Lot merupakan salah satu ikon wisata Bali yang tidak pernah sepi dari wisatawan domestik maupun mancanegara. Mengutip Kompas.com (10/9/2021), daya tarik Tanah Lot adalah keberadaan Pura Luhur, atau dikenal juga sebagai Pura Tanah Lot, yang berada di atas batu karang Pantai Beraban. 

Pada Hari Raya Galungan, sebagian umat Hindu melakukan sembahyang di Pura Luhur, Tanah Lot. Kegiatan religi tersebut, turut menjadi magnet bagi wisatawan.

Nama Tanah Lot berasal dari kata tanah yang artinya pulau dan lot atau lod yang artinya laut. Jadi,nama Tanah Lot dapat diartikan sebagai sebuah pulau atau tanah yang terletak di laut.

Daya tarik lainnya adalah keberadaan mata air suci yang berasal dari sumber mata air tawar, namun muncul dari tengah lautan. Tanah Lot berada di Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

2. Pura Lempuyang Luhur 

 

Pura Lempuyang Luhur, Karangasem, BaliPexel/Stijn Dijkstra Pura Lempuyang Luhur, Karangasem, Bali

Pura Lempuyang Luhur merupakan tempat suci umat Hindu, sekaligus salah satu obyek wisata populer di Bali. Pada Hari Raya Galungan, umat Hindu akan mendatangi Pura Lempuyang Luhur untuk sembahyang.

Pura yang berada di Kabupaten Karangasem, terkenal dengan panorama yang eksotis. Ciri khas Pura Lempuyang Luhur adalah bangunan gapura dengan latar belakang panorama Gunung Agung yang memukau.

Wisatawan yang ingin mendapatkan foto tersebut harus lebih dulu menaiki tangga yang juga biasa digunakan umat Hindu sebagai jalur persembahyangan. Saat menapaki jalan ke puncak inilah, wisatawan akan disuguhi udara sejuk dari hutan yang masih asri, suara-suara satwa, dan pemandangan alam Kabupaten Karangasem yang memukau.

Baca juga:

3. Pura Ulun Danu Beratan 

Pura Ulun Danu Bratan yang mempercantik pemandangan Danau Beratan. Pura Ulun Danu Bratan yang mempercantik pemandangan Danau Beratan.

Pura Ulun Danu berada di tepi Danau Beratan. Tempat ibadah sekaligus wisata di Bali yang satu ini sudah familiar di kalangan wisatawan.

Berdiri di tepi danau, Pura Ulun Danu menawarkan pemandangan yang eksotis.  Mengutip situs Ulun Danu Beratan, pura ini dibangun oleh I Gusti Agung Putu, Raja Puri Mengwi pertama pada 1556 Saka atau 1634 masehi. 

Pura ini terdiri dari lima kompleks, yakni  Penataran Agung, Prajapati, Dalem Purwa, Taman Beji, Lingga Petak, dan satunya merupakan stupa Budha.

Hingga saat ini, Pura Ulun Danu Beratan masih digunakan untuk tempat sembahyang umat Hindu. Pada Hari Raya Galungan, umat Hindu akan mendatangi Pura Ulun Danu untuk melakukan sembahyang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com