Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toko Sepatu Lokal di The Hallway Bandung, Banyak Diminati Turis Asing

Kompas.com - 09/08/2023, 10:11 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada puluhan tenant produk lokal yang bisa ditemukan di The Hallway Space, ruang kreatif dan komunitas lokal di Pasar Kosambi, Bandung. 

Memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merek asing, harga yang lebih terjangkau juga membuat produk-produk lokal di The Hallway banyak diburu orang luar negeri.

Salah satunya di toko sepatu Gudang Warrior, yang berlokasi di Blok D no 3A-4A The Hallway Space, Pasar Kosambi. 

"Ini semua sebagian besar brand lokal, yang kualitasnya sudah mendunia. Karena orang luar banyak yang beli, Singapura, Malaysia. Jadi industri sepatu di Indonesia menang," kata Manajer Area The Hallway, Asep Dedi, saat ditemui Kompas.com di lokasi, Sabtu (5/8/2023). 

Baca juga: The Hallway Space Bandung: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

Ia mengatakan, di tingkat Asia, Indonesia cukup unggul dalam produk lokal seperti sepatu. Meski masih di bawah Jepang dan Korea, ia menilai produk lokal Indonesia perlahan bisa sejajar dengan kedua negara tersebut. 

"Di sini (The Hallway) brand Bandung semua, kebanyakan produksinya di Bandung," imbuhnya.

Promosi The Hallway sampai ke wisatawan asing

Toko Gudang Warrior sepatu lokal di The Hallway Space di Pasar Kosambi, Bandung. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Toko Gudang Warrior sepatu lokal di The Hallway Space di Pasar Kosambi, Bandung.

Asep menjelaskan, kebanyakan dari wisatawan mancanegara datang berkunjung ke Hallway pada akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu. 

"Dikunjungi sama anak-anak muda Korea, Singapura, Malaysia. Sabtu Minggu tepatnya agak pagian itu mereka datang," terang Asep. 

Lebih lanjut, kata dia, usai mengobrol dengan para wisatawan mancanegara itu, ia mendapat informasi bahwa The Hallway dikenal lewat media sosial seperti TikTok, Youtube, dan Instagram. 

"Sama biro perjalanan Bandung (seperti) travel itu promosiin juga. The Hallway juga terkenal bukan dari branding manajemen saja, tapi konten-konten media sosial," tuturnya. 

Baca juga: 4 Tips Wisata ke The Hallway Space Bandung, Bawa Kipas dan Uang Tunai

Usai produksi selama kurang lebih enam tahun, Asep mengungkapkan, rupanya produk sepatu lokal termasuk cukup digandrungi dan laku keras.

Menurutnya, para generasi muda bangsa sudah lebih menghargai produk negaranya sendiri.

@kompastravel Yang mau hemat budget buat jalan-jalan ke Bandung, sini merapat! Cuman Rp 16.000. Murah banget kan? Tapi ya harus kuat-kuat fisik untuk transit kereta dan waktu tempuh yang terhitung lebih lama.. Ya estimasi perjalanan kurang lebih 9 jam perjalanan. Buat kamu tim ransel alias backpackeran, udah pernah nyoba belum nihh?? Yuk, ngobrol di kolom komentar. #mudiklebaran #keretabandungmurah #explorebandung ? Bandung - Yura Yunita

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com