Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary 2 Hari 1 Malam di Pangkalpinang, Ada Pantai dan Museum

Kompas.com - 09/08/2023, 14:53 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kota Pangkalpinang merupakan ibu kota Provinsi Bangka Belitung yang menyimpan beragam destinasi wisata. Kamu bisa mengunjungi pantai, museum, taman, kulineran, dan sebagainya.

Jika berencana liburan ke Pangkalpinang, berikut rekomendasi rencana perjalanan atau itinerary wisata Pangkalpinang. Selama dua hari satu malam, kamu bisa menjelajahi berbagai ikon wisata Kota Pangkalpinang.

Baca juga:

Hari pertama 

1. Museum Timah Indonesia

Museum Timah Indonesia di Pangkalpinang, Bangka BelitungShutterstock/Sony Herdiana Museum Timah Indonesia di Pangkalpinang, Bangka Belitung

Mengawali perjalanan wisata di Pangkalpinang, kamu bisa mengunjungi Museum Timah Indonesia. Jadi, sebaiknya sarapan dulu di hotel atau penginapan.

Museum Timah Indonesia didirikan untuk memberikan informasi seputar sejarah pertambangan timah di Bangka Belitung, maupun Indonesia secara umum. Museum ini merupakan pertama dan satu-satunya museum timah di Asia.

Pengunjung bisa menjumpai alat bor kuno, alat pertambangan klasik, lokomotif uap, pernak-pernik dari timah, batuan yang mengandung timah, pasir timah, dan sebagainya. Jika ingin berkunjung, lokasi Museum Timah Indonesia berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 179, Batintikal, Gerunggang, Kota Pangkalpinang.

2. Makan siang di Mie Koba Iskandar 

Mie koba, mi ikan dari Bangka.Kompas.com/Nabilla Ramadhian Mie koba, mi ikan dari Bangka.

Setelah puas berkeliling Museum Timah Indonesia, saatnya makan siang. Salah satu kuliner terkenal di Pangkalpinang adalah Mie Koba Iskandar yang berjarak sekitar 1 kilometer (km) dari Museum Timah Indonesia.

Kuliner ini berasal dari Kecamatan Koba, Bangka Tengah, berdasarkan informasi dari Kompas.com (7/3/2020). Ciri khas Mie Koba adalah mi yang dipadukan dengan kuah kaldu ikan tenggiri.

Saat disajikan, Mie Koba Iskandar dilengkapi dengan tauge, potong daun seledri, dan bawang goreng. Lokasi Mie Koba Iskandar berada di Jalan KH. Hassan Basri Nomor 83, Batin Tikal, Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkalpinang.

3. Bangka Botanical Garden 

Bangka Botanical Garden (BBG) atau Kebun Raya Bangka di Pangkalpinang, Bangka Belitung 
Dok.https://wonderful.pangkalpinangkota.go.id Bangka Botanical Garden (BBG) atau Kebun Raya Bangka di Pangkalpinang, Bangka Belitung

Perjalanan wisata di Pangkalpinang berlanjut ke Bangka Botanical Garden (BBG), yang berjarak sekitar 10 km dari Mie Koba Iskandar. Obyek wisata ini cocok dikunjungi saat cuaca terik, lantaran rindang dan sejuk.

Bangka Botanical Garden atau dikenal sebagai Kebun Raya Bangka merupakan kawasan agrowisata. Dulunya, Bangka Botanical Garden merupakan lahan tambang timah yang kemudian disulap menjadi obyek wisata hijau, seperti dikutip dari Wonderful Pangkalpinang.

Pengunjung bisa menyaksikan aktivitas holtikultura, peternakan, serta penyediaan bibit dan pakan ternak di lokasi tersebut. Jika ingin berkunjung, alamat Bangka Botanical Garden berada di Jalan Raya Pasir Padi - Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan, Air Itam, Kota Pangkalpinang.

4. Pantai Pasir Padi 

Pantai Pasir Padi Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (30/10/2021).KOMPAS.com/HERU DAHNUR Pantai Pasir Padi Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (30/10/2021).

Menjelang sore hari, saat menikmati pemandangan matahari terbenam di Pantai Pasir Padi. Salah satu pantai populer di Pangkalpinang ini berjarak 3,2 km dari Bangka Botanical Garden.

Daya tarik Pantai Pasir Padi adalah hamparan pasir putih sepanjang 2 km serta ombak yang tenang. Jadi, pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas wisata di bibir pantai dengan aman.

Kamu juga bisa menjumpai deretan pohon cemara yang batangnya dililit kain khas Bangka bernama cual, seperti dikutip dari Kompas.com (31/3/2023).

5. Makan malam di Aroma Laut Restaurant 

Berkunjung ke Pangkalpinang tidak lengkap tanpa menikmati sajian seafood. Salah satu restoran seafood dekat Pantai Pasir Padi adalah Aroma Laut Restaurant.

Selain menu seafood yang beragam, daya tarik Aroma Laut Restoran adalah bangunan restoran yang berbentuk kapal, sehingga pengunjung seolah-olah makan di atas kapal.

Ada beragam olahan seafood, seperti udang, aneka ikan, cumi, kepiting, kerapu, dan lainnya. Harga menu dibanderol mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 150.000 per porsi.

Baca juga:

6. Istirahat di hotel

Setelah makan malam, kamu bisa istirahat di hotel atau penginapan. Sebaiknya, pilih hotel atau penginapan di dekat Pantai Pasir Padi, lantaran destinasi selanjutnya berada di sekitar pantai.

Beberapa pilihan penginapan di dekat Pantai Pasir Padi antara lain, Pasir Padi Inn Syariah, Balitong Resort, dan Homestay Pantai Pasir Padi. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com