Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Wisata Sejarah di Magelang, Salah Satu Kota Tertua di Indonesia

Kompas.com - 09/08/2023, 22:34 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Magelang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia yang usianya sudah mencapai 1.116 tahun. Hari Jadi Magelang ditetapkan pada 11 April 907, berdasarkan informasi dari website Kota Magelang.

Tak heran, kita bisa menjumpai berbagai destinasi wisata sejarah di Magelang. Salah satunya adalah Candi Borobudur yang telah diakui sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO.

Baca juga:

Tempat wisata sejarah di Magelang

Kompas.com merangkum sejumlah tempat wisata sejarah di Magelang, sebagai berikut:

1. Candi Borobudur 

Ilustrasi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.Berikut rangkuman sejarah lengkap Candi Borobudur dari masa pembangunan, penemuan, hingga mendapat pengakuan dari UNESCO.
Dok. Shutterstock/Lukas Uher Ilustrasi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.Berikut rangkuman sejarah lengkap Candi Borobudur dari masa pembangunan, penemuan, hingga mendapat pengakuan dari UNESCO.

Candi Borobudur merupakan salah satu ikon wisata Indonesia yang telah diakui sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO. Candi Borobudur diperkirakan dibangun pada masa Dinasti Syailendra pada abad ke-7 hingga ke-8.

Daya tarik candi bercorak Buddha ini adalah dibangun dari sekitar 2 juta batu yang berasal dari sungai di sekitar Borobudur, seperti dikutip dari Kompas.com (8/6/2022). Wisatawan diperbolehkan naik ke atas bangunan Candi Borobudur dengan sistem kuota, yakni 1.200 orang per hari, atau 150 orang per jam.

Harga tiket masuk Candi Borobudur untuk wisatawan nusantara, mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 50.000 per orang. Sedangkan, tiket wisatawan mancanegara mulai dari 15 dolar AS hingga 25 dolar AS.

2. Museum Jenderal Sudirman 

Museum Jenderal Sudirman di MagelangDok. Visit Jateng Museum Jenderal Sudirman di Magelang

Jenderal Sudirman adalah pahlawan nasional yang sangat gigih memperjuangkan kemerdekaan RI, bahkan dalam kondisi sakit. Museum Jenderal Sudirman di Magelang ini, merupakan tempat tinggal terakhir sang jenderal besar, berdasarkan informasi dari Tribun News Wiki.

Jenderal Sudirman wafat di Museum Jenderal Sudirman, Magelang pada 29 Januari 1950. Pengunjung bisa menemukan barang-barang peninggalan Jenderal Sudirman, seperti kursi, tandu, seragam, tempat tidur, foto, dan sebagainya.

Lokasi Museum Jenderal Sudirman berada di Jalan Ade Irma Suryani Nomor C7, Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang. Selain di Magelang, Museum Jenderal Sudirman juga berada di Purwokerto dan Yogyakarta.

3. Museum Diponegoro

Museum Diponegoro di MagelangShutterstock/Mad Fauzi Museum Diponegoro di Magelang

Selain Museum Jenderal Sudirman, wisatawan juga bisa menjumpai Museum Diponegoro di Magelang. Lokasinya berada di Jalan Diponegoro Nomor  1 Kota Magelang. 

Berdasarkan informasi dari website Visit Jateng, bangunan Museum Diponegoro memiliki gaya arsitektur Eropa klasik. Beberapa koleksi museum ini merupakan barang-barang milik Pangeran Diponegoro, salah satunya adalah kursi dengan bekas cakaran kuku, yang diyakini merupakan wujud kemarahan Diponegoro terhadap  Belanda. 

Selain itu, ada jubah milik Pangeran Diponegoro, kendi, meja, cangkir, dan barang-barang pribadi milik Diponegoro lainnya.

Baca juga:

4. Museum Wayang 

Ilustrasi wayang.SHUTTERSTOCK / By lanfix Ilustrasi wayang.

Wayang adalah salah satu warisan kesenian dan budaya di Indonesia. Jika berada di Magelang, kamu bisa menyaksikan Museum Wayang tidak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya di Pondok Tingal, Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. 

Berdasarkan informasi dari website Jelajah Magelang, pengunjung bisa menjumpai beragam jenis wayang, seperti wayang kulit, kayu, bambu, dan batu.

Koleksi wayang tersebut berasal dari sejumlah daerah di Indonesia dan luar negeri, seperti China, Kamboja, dan Turki. Selain koleksi, wayang tersebut menjadi sarana pendidikan bagi anak-anak sekolah maupun obyek penelitian seni dan budaya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com