Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Karya di Pameran Piknik '70-an di Galeri Nasional

Kompas.com - 11/08/2023, 22:11 WIB
Gading Perkasa,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Galeri Nasional Indonesia di Jakarta Pusat mengadakan pameran bertajuk Piknik '70-an sejak Kamis (10/8/2023) lalu sampai Kamis (31/8/2023) mendatang. 

Bertempat di Gedung A, pengunjung bisa melihat 65 hasil karya 54 perupa, di antaranya Edi Sunaryo, Widayat, Ahmad Sadali, Abas Alibasyah, Rita Widagdo, Ida Hadjar, Jim Supangkat, dan Bonyong Munny Ardhie.

Baca juga:

Pameran yang merupakan hasil kolaborasi GNI dengan Museum dan Cagar Budaya serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ini terbagi dalam lima kategori, berdasarkan kecenderungan karya-karya dan peristiwa yang terjadi di periode 1970-an.

Kelima kategori tersebut yaitu Yang Liris dan Dekoratif, Bentuk-bentuk Signifikan, Imaji Kenusantaraan, Eksplorasi Materialitas, serta Pencarian Bentuk-bentuk Baru.

Kompas.com sempat mengikuti rangkaian tur pameran ini pada Jumat (11/8/2023) siang. Berikut beberapa karya yang ada berdasarkan kategorinya:

Aneka karya di pameran Piknik '70-an

1. Yang Liris dan Dekoratif

Lukisan Lika-liku Kehidupan karya Edi SunaryoKOMPAS.com/GADING P Lukisan Lika-liku Kehidupan karya Edi Sunaryo

Ruangan pertama menampilkan sederet lukisan seperti "Matahari Atas Taman" karya Irsam, "Nenek" karya Amang Rachman Jubair, serta "Melahirkan" karya Widayat.

Di bagian ujung ruangan, terdapat satu lukisan Edi Sunaryo berupa guratan-guratan cat minyak ke kanvas berjudul "Lika-liku Kehidupan".

Menurut kurator pameran Alam Wisesha, dalam karya ini Edi Sunaryo teringat akan lagu-lagu jazz.

"Dia tidak sadar mendengar musik jazz sembari melukis, sampai akhirnya kanvasnya sudah penuh. Tidak ada lagi ruang. Kemudian dia coba membuat sedikit ruang di kanvasnya. Ini salah satu contoh dari bentuk liris (lyrical abstraction), karya abstrak yang berkembang sampai saat ini," jelas Alam, Jumat (11/8/2023).

Baca juga: Pameran Seni Rupa Anak Indonesia Digelar di Galeri Nasional

2. Bentuk-bentuk Signifikan

Lukisan Bentuk-bentuk Geometris karya Wardoyo SugiantoKOMPAS.com/GADING P Lukisan Bentuk-bentuk Geometris karya Wardoyo Sugianto

Memasuki ruangan Bentuk-bentuk Signifikan, pengunjung akan melihat lukisan "Komposisi" dari Oesman Effendi, "Bentuk-bentuk Geometris" karya Wardoyo Sugianto, dan "GeRak Kehidupan" dari Hatta Hambali.

Adapula lima kerajinan kayu di tengah ruangan, di antaranya "Siesta" karya Wiyoso Yudhoseputro dan "Wanita Berdoa" dari But Muchtar.

Baca juga: 6 Wisata Indoor di Jakarta, Hindari Polusi Udara

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com