Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Bedanya Bandara Kuala Lumpur Terminal 1 dan 2? 

Kompas.com - 13/08/2023, 23:07 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Bandara Internasional Kuala Lumpur atau Kuala Lumpur International Airport (KLIA) di Malaysia merupakan salah satu bandara tersibuk di Asia Tenggara. Lokasinya berada di Sepang, Selangor, atau sekitar 60 kilometer (50 menit) dari pusat Kota Kuala Lumpur.

Perlu diketahui, KLIA memiliki dua terminal, yakni KLIA Terminal 1 dan KLIA Terminal 2. Lantas, apa bedanya KLIA Terminal 1 dan KLIA Terminal 2? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga:

Bandara yang resmi dibuka pada 27 Juni 1998 ini, memiliki luas mencapai 100 kilometer persegi, seperti dilansir dari website Simple Flying. Luas KLIA tersebut delapan kali ukuran Bandara Heathrow, London dan hampir 1,5 kali lebih besar dari Bandara Internasional Dallas Fort Worth (DFW), AS.

Berdasarkan informasi dari website Malaysia Airports, bandara ini telah dilengkapi dengan standar internasional yang dapat mengakomodasi pesawat penumpang terbesar di dunia, Airbus A380.

KLIA memiliki tiga landasan pacu dengan panjang masing-masing mencapai 4.000 meter. Bandara ini melayani lebih dari 60 maskapai penerbangan, lebih dari 120 destinasi penerbangan langsung, dan lebih dari 1.000 destinasi penerbangan transit.

Beda KLIA Terminal 1 dan KLIA Terminal 2 

Gedung Sattlelite di Bandara Internasional Kuala Lumpur atau Kuala Lumpur International Airport (KLIA), MalaysiaShutterstock/Tooykrub Gedung Sattlelite di Bandara Internasional Kuala Lumpur atau Kuala Lumpur International Airport (KLIA), Malaysia

Bangunan KLIA yang pertama kali dibangun adalah KLIA Terminal 1 atau dikenal sebagai Terminal Utama. Pada 2014, KLIA Terminal 2 dibangun, berdasarkan informasi dari website Malaysia Airports

Meskipun berbagi landasan pacu yang sama, kedua terminal tersebut berjarak 2 kilometer atau sekitar tujuh menit berkendara, berdasarkan informasi dari website Simple Flying.

Baca juga:

Penumpang dapat berpindah dari satu terminal ke terminal lainnya menggunakan layanan bus antar jemput gratis atau transfer kereta api antar terminal, yang dikenal sebagai KLIA Aerotrain.

Lantas, apa beda KLIA Terminal 1 dan KLIA Terminal 2? Perbedaan kedua terminal tersebut adalah pada jenis penerbangan, di mana KLIA Terminal 2 melayani maskapai penerbangan bertarif rendah atau Low Cost Carrier (LCC).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com