Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Airline Tawarkan Akses Wifi Gratis untuk Penumpang Mulai Juli 2023

Kompas.com - 04/07/2023, 12:18 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan yang tergabung ke dalam Malaysia Airlines Group (MAG) menawarkan konektivitas wifi gratis di pesawat mulai Juli 2023 hingga 31 Desember 2023.

Dilansir dari laman resmi Malaysia Airlines, akses wifi gratis ini hanya tersedia di 20 maskapai di seluruh armada Malaysia Airlines, Firefly, dan MASwings. Tepatnya di pesawat A359, A333, dan A332.

"Dengan mengaktifkan konektivitas di semua maskapai kami, ini memungkinkan penumpang untuk tetap terhubung sepanjang perjalanan mereka dengan kami," kata Chief Executive Officer Airlines MAG, Ahmad Luqman Mohd Azmi, dikutip dari Simpleflying, Selasa (4/7/2023).

Baca juga: Indonesia Kolaborasi dengan Malaysia dan Thailand, Targetkan 60 Juta Turis

Penawaran wifi gratis ini terbatas dan belum tersedia untuk semua penumpang di semua kelas. Wifi gratis hanya bisa diakses oleh penumpang di Business Suite, Business Class, dan anggota Enrich Platinum.

Pihak MAG menyampaikan bahwa penawaran wifi dilengkapi dengan batas data hingga 200 MB. Tersedianya akses wifi diharapkan dapat membuat penumpang terhubung dan produktif selama penerbangan.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

"Dengan fokus pada keamanan, kenyamanan, dan kemudahan, kami berdedikasi untuk membuat perjalanan udara lebih mudah diakses serta menyenangkan bagi semua penumpang kami," papar Ahmad.

Selain menyediakan akses wifi gratis, semua penumpang maskapai di Malaysia Airlines dan maskapai mitra grup juga menyediakan akses wifi berbayar per pengguna (MHconnect).

Akses internet berbayar untuk penumpang

Terdapat tiga jenis paket internet berbayar yang disediakan oleh maskapai Malaysia Airlines untuk penumpang. Di antaranya yakni paket Lite, paket Social, dan paket Business.

Untuk paket Lite, penumpang pesawat akan mendapat akses internet hingga 10 MB dengan kecepatan jaringan 200kbps, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan instan.

Baca juga: Wings Air Terbang Langsung Pekanbaru-Malaka, Malaysia mulai 8 Mei 2023

Harga paket Lite Malaysia Airlines yakni Dollar AS, atau sekitar Rp 30.000-an. Khusus penumpang yang memilih paket ini, disarankan untuk tidak mengirim dan menerima pesan suara maupun pesan video.

Pada paket Social, penumpang pesawat akan mendapat akses internet hingga 50 MB dengan kecepatan jaringan 512 kbps.

Paket Social memungkinkan penumpang untuk menggunakan aplikasi biasa, dan bertukar pesan. Harga paket Social yakni 10 Dollar AS, atau sekitar Rp 150.244.

Ilustrasi wifi di pesawat (wifi on board)Shutterstock/Gaudi Lab Ilustrasi wifi di pesawat (wifi on board)

Pada paket Business, penumpang akan mendapat akses internet hingga 200 MB dengan kecepatan jaringan 512 kbps. Paket ini memungkinkan penumpang untuk tetap terhubung dengan keperluan bisnis.

Harga paket Business yakni 25 Dollar AS atau sekitar Rp 375.610. Khusus penumpang yang memilih paket ini disarankan untuk tidak mengakses streaming video.

Baca juga: Setelah Malaysia, TransNusa Targetkan Terbang ke China dan Australia

MHconnect dapat diakses di semua pesawat A350-XWB dan pesawat A330 yang dioperasikan oleh Malaysia Airlines.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com