Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polusi Udara, Banyak Warga Jakarta Main ke Kebun Raya Cibodas

Kompas.com - 16/08/2023, 15:11 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Situasi udara Jakarta yang sedang buruk dalam beberapa waktu terakhir akibat polusi ternyata berdampak pada kunjungan di ruang terbuka seperti Kebun Raya Cibodas di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Dikutip dari Antara, pihak kebun raya mencatat adanya kenaikan jumlah kunjungan wisatawan, terutama yang berasal dari DKI Jakarta.

"Salah satu alternatif solusi yang dapat dilakukan adalah dengan healing dan mengunjungi Kebun Raya Cibodas. Melihat kondisi akhir-akhir ini terutama di Ibu Kota Jakarta sebagai salah satu kota dengan udara terburuk di dunia," ujar General Corporate Communication PT Mitra Natura Raya Zaenal Arifin, Selasa (15/8/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga:

Zaenal menambahkan, kenaikan tersebut terlihat dari nomor polisi kendaraan yang masuk ke destinasi di kaki Gunung Gede-Pangrango ini yang meningkat baik pada hari kerja maupun akhir pekan.

Angka kunjungan naik menjadi 2.000 orang per harinya, dari sebelumnya 1.000 orang.

Tak hanya ke Kebun Raya Cibodas, kenaikan pengunjung menurutnya juga terjadi di kebun raya lain, seperti Kebun Raya Bogor.

"Kami juga mencatat peningkatan angka kunjungan ke Kebun Raya Bogor sejak satu pekan terakhir didominasi wisatawan asal Jabodetabek, ini menjadi tantangan bagi kami untuk menjaga mutu kebersihan dan layanan," ucapnya.

Baca juga:

Ia menambahkan, pengelola empat kebun raya di Indonesia akan terus memberikan pelayanan terbaik sebagai alternatif destinasi dengan fungsi jasa lingkungan yang sangat berguna di tengah maraknya polusi udara.

Adapun ketika berkunjung ke Kebun Raya Cibodas, kita bisa mengunjungi beberapa area seperti Taman Sakura, Taman Rhedodendron, Taman Lumut, Rumah Kaca, dan lainnya.

@kompastravel Mana nih yang gemar hunting foto di alam? Nih ya aku kasih rekomendasi spot foto yang oke banget di Hutan Kota Srengseng.. #hutankotasrengseng #jakartahits #jakartaplacetogo #wisatajaka #introvertsbelike ? Ghibli-style nostalgic waltz - MaSssuguMusic
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com