Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kota dengan Tingkat Polusi Tertinggi di Indonesia

Kompas.com - 13/08/2023, 17:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Fenomena polusi udara masih menyita perhatian masyarakat dalam beberapa hari terakhir ini. Sebab, polusi udara di sejumlah kota di Indonesia, semakin memprihatinkan.

Bahkan, Jakarta menduduki peringkat pertama kota paling tercemar di dunia versi IQAir per Rabu (9/8/2023), seperti dikutip dari Channel News Asia (CNA). IQAir merupakan perusahaan kualitas udara berbasis teknologi asal Swiss.

Baca juga:

Selain Jakarta, masih ada sejumlah kota di Indonesia yang memiliki tingkat polusi tinggi. Lantas, apa saja kota dengan tingkat polusi terburuk di Indonesia tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Pengukuran kualitas udara

Ilustrasi polusi udaraShutterstock/Sudarshan Jha Ilustrasi polusi udara

Ada sejumlah perusahaan kualitas udara berbasis teknologi yang mengukur kualitas udara di Indonesia maupun dunia. Sebut saja, IQAir, Nafas Indonesia, dan sebagainya.

Dalam artikel ini, peringkat kota dengan tingkat polusi tertinggi di Indonesia mengacu pada data Nafas Indonesia pada Juli 2023. Tingkat polusi di suatu wilayah dinamis sehingga berubah setiap saat, serta bergantung dari berbagai faktor antara lain, sumber polusi, meteorologi, dan topografi.

Data kualitas udara yang diperoleh oleh Nafas Indonesia, berasal dari sensor yang tersebar lebih dari 180 titik lokasi, di Pulau Jawa, Bali, dan Belitung.

Dalam laporan Kualitas Udara Nafas Indonesia Juli 2023, diterangkan bahwa pengukuran polusi udara tersebut berdasarkan tingkat polutan Particulate Matter 2.5 (PM2.5) yang mencemari udara.

PM2.5 adalah partikel padat polusi udara berukuran mikro, kurang dari 2,5 mikrometer atau 36 kali lebih kecil dari diameter sebutir pasir, yang diukur dalam satuan µg/m3.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan ambang batas polusi PM2.5 adalah 5 µg/m3. Pasalnya, PM2.5 berbahaya bagi tubuh lantaran ukurannya yang sangat kecil membuat partikel polusi ini tidak dapat disaring oleh tubuh.

Baca juga:

10 kota dengan tingkat polusi tertinggi di Indonesia 

Berikut 10 kota dengan tingkat polusi tertinggi di Indonesia berdasarkan laporan Nafas Indonesia pada Juli 2023. Polusi di kota-kota tersebut sudah melebihi pedoman WHO.

Sebagai catatan, tingkat polusi di suatu wilayah dinamis berubah setiap saat, sehingga urutan kota dengan tingkat polusi paling tinggi pun bisa berubah-ubah.

1. Tangerang Selatan, tingkat polusi PM2.5 sebesar 60 µg/m3 

2. Bekasi, tingkat polusi PM2.5 sebesar 55 µg/m3

3. Bogor, tingkat polusi PM2.5 sebesar 53 µg/m3

4. Tangerang, tingkat polusi PM2.5 sebesar 52 µg/m3

5. Depok, tingkat polusi PM2.5 sebesar 51 µg/m3

6. DKI Jakarta, tingkat polusi PM2.5 sebesar 47 µg/m3

7. Bandung Raya, tingkat polusi PM2.5 sebesar 44 µg/m3

8. Semarang, tingkat polusi PM2.5 sebesar 40 µg/m3

9. Surabaya, tingkat polusi PM2.5 sebesar 38 µg/m3

10. Yogyakarta, tingkat polusi PM2.5 sebesar 60 µg/m3

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com