Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menuju Taman Nasional Baluran Naik Transportasi Umum

Kompas.com - 22/08/2023, 16:04 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Taman Nasional Baluran yang berlokasi di antara Banyuwangi-Situbondo, merupakan salah satu wisata populer di Jawa Timur. 

Baluran memiliki potensi wisata yang beragam di dalamnya. Tak hanya terkenal dengan sabana layaknya di Afrika, taman nasional ini juga memiliki hutan, pantai, dan mangrove. 

Baca juga: Menikmati Sunset di Taman Nasional Baluran, Sepotong Afrika di Jawa

"Di Taman Nasional Baluran, tepatnya Savana Bekol, ada hewan-hewan seperti rusa, monyet, banteng, kerbau, dan ular," kata pemandu wisata Banyuwangi bernama Elok, kepada Kompas.com, Selasa (22/8/2023). 

Taman Nasional Baluran buka setiap hari, mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Harga tiketnya adalah mulai Rp 16.000 untuk wisatawan nusantara saat hari kerja, dan mulai Rp 18.500 saat hari libur.

Transportasi di Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran beralamat di Jalan Raya Banyuwangi-Situbondo Km. 35 Wonorejo, Banyuputih-Situbondo, Jawa Timur. 

Untuk ke tempat wisata ini, perlu diperhatikan kendaraan untuk tiba di Taman Nasional Baluran, dan kendaraan untuk menjelajahi isi kawasannya. Sebab, satu destinasi dengan destinasi lain tidak bisa ditempuh dengan jalan kaki karena cukup berjauhan. 

Transportasi di dalam Taman Nasional Baluran

Opsi terbaik untuk berkunjung ke Taman Nasional Baluran dan menjelajahi isinya adalah dengan kendaraan pribadi atau menyewa elf atau HiAce.

"Untuk masuk kawasan Taman Nasional Baluran, bus besar tidak bisa masuk. Harus pindah ke mobil yang lebih kecil, sewa dari luar," ujar Elok. 

Spot foto tengkorak di Taman Nasional Baluran di Situbondo-Banyuwangi, Jawa Timur. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Spot foto tengkorak di Taman Nasional Baluran di Situbondo-Banyuwangi, Jawa Timur.

Namun, jangan khawatir bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi atau bersama rombongan, di gerbang masuk taman nasional ini wisatawan dapat menggunakan jasa ojek. 

Baca juga:

Jasa ojek di Taman Nasional Baluran berkisar mulai Rp 50.000 untuk sehari berkeliling ke beberapa destinasi, atau bisa juga menyewa motor mulai Rp 100.000 seharian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com