Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Surabaya-Lombok Naik Kapal, Bingung Lokasi Menunggu Kapal di Pelabuhan Tanjung Perak

Kompas.com - 29/08/2023, 15:03 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Melakukan perjalanan ke Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB), bisa dilakukan dengan naik kapal dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.

Salah satu pihak yang melayani pelayaran dari Surabaya menuju Lombok adalah PT Dharma Lautan Utama (DLU).

Kompas.com sempat menjajal langsung berlayar dari Surabaya ke Lombok pada Minggu (27/8/2023) dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Baca juga: Lion Air Tambah Penerbangan Surabaya-Arab Saudi, Jadi 18 Kali Seminggu

Saat itu, kapal yang Kompas.com tumpangi adalah KM Kirana VII dengan jadwal keberangkatan pukul 10.00 WIB.

Adapun dalam melakukan perjalanan kali ini, Kompas.com berangkat seorang diri dan membawa serta sepeda motor.

Bingung di Pelabuhan Tanjung Perak

Agar tidak tergesa-gesa, Kompas.com berangkat menuju Pelabuhan Tanjung Perak pukul 07.00 WIB. Perjalanan menuju pelabuhan cukup mudah dengan bantuan Google Maps. Selain itu, petunjuk arah di setiap perempatan atau percabangan jalan juga sudah jelas.

Kebingungan baru Kompas.com rasakan saat tiba di gerbang loket masuk pelabuhan karena ada banyak pintu, seperti di jalan tol.

Pintu masuk ke Pelabuhan Tanjung Perak untuk Sepeda Motor.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pintu masuk ke Pelabuhan Tanjung Perak untuk Sepeda Motor.

Untunglah di tengah kebingungan, seorang supir truk memberi tahu Kompas.com bahwa jalan masuk sepeda motor adalah gerbang paling kiri.

Kompas.com akhirnya berkendara ke gerbang tersebut dan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000. Tidak lupa Kompas.com juga bertanya kepada petugas di mana tempat menunggu kapal KM Kirana VII menuju Lombok.

Baca juga: Daftar Harga Tiket Bus Jakarta-Surabaya di Terminal Kampung Rambutan

"Masnya lurus, lalu belok kiri," kata petugas di loket saat itu.

Bingung tempat menunggu kapal

Kompas.com pun mengikuti petunjuk petugas. Ternyata Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sangatlah luas, sehingga cukup membingungkan. 

Terus lurus, terdapat percabangan yang jika lurus adalah menuju Gapura Surya Nusantara untuk kapal besar, misal kapal Pelni.

Baca juga: Mangrove Wonorejo Surabaya: Harga Tiket, Jam Buka, dan Aktivitas

Kompas.com belok ke arah kiri di percabangan ini. Terdapat Alfamart di kiri jalan. Namun karena tidak melihat kapal KM Kirana VII (yang ternyata belum tiba), Kompas.com berjalan lurus dan terdapat gerbang lagi yang ternyata khusus untuk angkutan barang.

Beruntung, Kompas.com bertemu seseorang yang memberi tahu bahwa tempat menunggu kapal KM Kirana VII ada di Terminal Penumpang Kapal Roro.

Tempat menunggu kapal DLU Ferry Suraba-Lombok di Pelabuhan Tanjung Perak.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Tempat menunggu kapal DLU Ferry Suraba-Lombok di Pelabuhan Tanjung Perak.

Lokasinya adalah, lurus terus dari gerbang loket masuk pelabuhan, belok kiri, dan belok kiri lagi setelah Alfamart. Di Google Maps, nama tempatnya adalah Ruang Tunggu DLU Ferry.

Akhirnya, Kompas.com pun tiba di ruang tunggu kapal KM Kirana VII dengan tujuan Surabaya-Lombok. Sekitar pukul 08.00 WIB, kapal belum tiba dan penumpang harus menunggu sampai pemberitahuan melalui pengeras suara untuk check in.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com