Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Finlandia Jadi Negara Pertama yang Uji Coba Dokumen Perjalanan Digital

Kompas.com - 30/08/2023, 11:40 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Finlandia mengklaim sebagai negara pertama yang melakukan uji coba dokumen perjalanan digital di Bandara Helsinki, mulai Senin (28/8/2023) hingga akhir Februari 2024.

"Dokumen perjalanan digital DTC (Digital Travel Credentials) saat ini tengah diujicobakan di perbatasan yang sesungguhnya, dan kabarnya merupakan yang pertama kali di dunia," bunyi keterangan dari laman resmi Finnish Border Guard (Penjaga Perbatasan Finlandia), dikutip Rabu (30/8/2023).

Baca juga:

Uji coba ini dapat dilakukan oleh pelaku perjalanan yang naik pesawat Finnair dari dan ke Inggris, termasuk London, Manchester, dan Edinburgh.

Mereka bisa melewati area border control (pengawasan perbatasan) dengan lebih cepat tanpa antre. 

Baca juga:

Harus daftar dulu

Ilustrasi dokumen perjalanan digital yang diujicobakan di Finlandia mulai Senin (28/8/2023).Dok. Finnish Border Guard/@RVLkuvaajat Ilustrasi dokumen perjalanan digital yang diujicobakan di Finlandia mulai Senin (28/8/2023).

Pelaku perjalanan yang ingin menggunakan fasilitas dokumen perjalanan digital harus melakukan registrasi sebagai pengguna DTC.

Registrasi bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi FIN DTC Pilot baik untuk iPhone maupun ponsel Android. Selanjutnya pelaku perjalanan bisa melakukan registrasi bersama petugas di beberapa lokasi di Tikkurila atau Bandara Helsinki. 

Kendati demikian, layanan ini hanya bisa digunakan oleh warga negara Finlandia. 

Baca juga: Ini yang Sebabkan Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia

Sebagai informasi, DTC adalah bentuk digital dari paspor fisik. Teknologi ini dikembangkan oleh Komisi Eropa, melalui kerja sama dengan Negara-negara Anggota, sebagai bagian dari paket kebijakan identitas yang luas yang mencakup sejumlah layanan digital. 

DTC direncanakan akan diujicobakan di Bandara Internasional Zagreb, Kroasia, pada musim gugur tahun ini.  

Baca juga: 5 Aktivitas Wisata yang Bisa Dilakukan di Finlandia

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com