Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendakian Gunung Gede via Cibodas Ditutup, Ini 2 Alternatifnya

Kompas.com - 30/08/2023, 12:56 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pendakian ke Gunung Gede, Jawa Barat, melalui Cibodas ditutup sementara sampai waktu yang belum ditentukan mulai Selasa (29/8/2023). 

"Penutupan khusus pintu pendakian Cibodas mulai diberlakukan hari ini, Selasa (29/8/2023), hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Sapto Aji Prabowo, dikutip dari Antara, Rabu (30/8/2023).

Baca juga:

Penutupan tersebut, lanjutnya, disebabkan adanya kerusakan di jalur pendakian via Cibodas yang dilakukan oknum penyedia jasa wisata alam Cibodas Resort. 

"Untuk peningkatan pengelolaan pendakian jalur Cibodas serta perbaikan kerusakan perlu dilakukan penutupan pendakian melalui Cibodas hingga batas waktu yang belum ditentukan," lanjut Sapto.

Baca juga: Ada Motor Hilang di Parkiran Gunung Gede Pangrango, Ini Kata Pengelola

Bisa lewat Gunung Putri atau Salabintana

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa BaratUnsplash.com/PANJIADHI Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Bila ingin melakukan pendakian ke Gunung Gede, para pendaki bisa melalui dua pintu pendakian lainnya yang masih dibuka yaitu Gunung Putri dan Salabintana.

Para pendaki pun diimbau untuk melakukan pendaftaran secara daring di situs web TNGGP karena tidak bisa mendaftar langsung di lokasi. 

Sementara itu, para pendaki yang sudah melakukan pemesanan (booking) ke Gunung Gede via Cibodas, akan dialihkan ke Gunung Putri. 

Baca juga:

Para pendaki juga bisa menghubungi call center Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango untuk informasi lebih lanjut. 

"Kami meminta pendaki untuk mematuhi aturan pendakian yang berlaku dan tidak melakukan pendakian ilegal. Tidak lupa meminta pendaki tidak meninggalkan sampah di puncak atau di sepanjang jalur pendakian," ujarnya. 

Baca juga: Gunung Gede-Pangrango Blacklist 9 Pendaki Selama 2 Tahun, Ini Sebabnya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com