Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Wisata Eropa Banyak Dicari pada Hari Pertama Kompas Travel Fair 2023

Kompas.com - 02/09/2023, 19:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Paket wisata ke Eropa menjadi salah satu paket perjalanan yang banyak dicari dan ditanyakan pengunjung di Kompas Travel Fair (KTF) 2023. 

Meski dibanderol dengan harga yang tidak bisa dibilang murah, paket wisata ke Eropa mulai Rp 23 jutaan laris manis di tengah pengunjung yang datang pada hari pertama gelaran KTF 2023. 

"Paling banyak ditanya dan diminati itu paket wisata ke Eropa mulai Rp 23 juta untuk 10 hari, berlaku di periode waktu tertentu," kata seorang petugas dari KIA Tours, saat ditemui di ICE BSD, Tangerang, Jumat (1/9/2023).

Baca juga: Promo Kompas Travel Fair 2023, Tiket Murah hingga Cashback Rp 6 juta

Selama 10 hari, pengunjung bisa mengunjungi beberapa kota seperi Budapest, Vienna, Hallstatt, Salzburg, Munich, dan Prague, dalam paket Beautiful East Europe yang ditawarkan KIA Tours. 

Harga tersebut sudah termasuk tiket pesawat, hotel, tur, hingga makan. Namun, belum termasuk beberapa hal lain, seperti tip pemandu dan visa. 

Senada, Operation Executive One Two Trip bernama Fikri mengungkapkan bahwa sejumlah paket wisata ke luar negeri banyak diburu oleh pengunjung Kompas Travel Fair 2023. Salah satunya adalah paket ke Eropa. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

"Yang populer itu salah satunya ke Eropa mulai Rp 25 juta untuk 10 hari, sudah termasuk tiket, hotel, sarapan, private bus, destinasi," kata Fikri. 

Untuk harga tersebut, wisatawan bisa menjelajahi sembilan kota di Eropa Barat selama 10 hari. Mulai dari Perancis, Jerman, Belgia, Belanda, Lichstentein, Austria, Swiss, Luxemburg, dan Italia. 

Baca juga: 5 Aktivitas di Kompas Travel Fair 2023, Berburu Promo Wisata sampai Kulineran

Hal ini juga diisetujui oleh agen travel Via.com, yang menyebut paket ke Eropa seharga mulai Rp 12 juta untuk delapan hari, belum termasuk tiket pesawat, menjadi yang laris di booth mereka. 

Jepang dan Turki juga populer 

Selain Eropa, tidak jauh berbeda dari tren tahun lalu usai pandemi, Turki masih menjadi negara tujuan favorit wisatawan Indonesia. Jepang, usai pembukaan perbatasan Covid-19, juga menjadi negara selanjutnya yang banyak diburu. 

"Turki juga banyak dicari. Kami ada paket Turki mulai Rp 14 jutaan untuk 10 hari 8 malam," kata Fikri dari One Two Trip. 

Hal ini disetujui oleh agen perjalanan KIA Tours, yang menawarkan paket wisata Turki 10-12 hari ke Turki seharga mulai Rp 18 jutaan. 

Booth agen perjalanan di Kompas Travel Fair 2023 di ICE BSD, Tangerang. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Booth agen perjalanan di Kompas Travel Fair 2023 di ICE BSD, Tangerang.

Sementara itu, untuk destinasi di wilayah Asia, Jepang menjadi primadona. Seperti disampaikan oleh Travel Consultant Panorama JTB Tours bernama Heni. 

"Kalau di kami selain Eropa, Jepang juga banyak dicari. Paket kami mulai Rp 25 juta untuk 7-8 hari, sudah termasuk semuanya," ujar Heni. 

Sales Marketing Kintana Tour bernama Angel dan Putra juga menyebutkan bahwa Jepang serta Korea menjadi destinasi yang banyak ditanyakan. 

Baca juga: Di Kompas Travel Fair 2023 Bisa Kenali Desa Wisata Lebih Dekat

"Kami ada dua paket. Tujuh hari Japan Super Sale mulai Rp 18,7 juta dan tujuh hari Japan Autumn mulai Rp 23,7 juta. Tapi yang banyak diminati malah Japan Autumn," kata Putra. 

Meski memiliki harga lebih tinggi, Putra mengungkapkan bahwa pengunjung memilih paket Rp 23 juta ke Jepang karena layanan pesawatnya menggunakan kelas premium dan salah satu destinasinya ke Gunung Fuji, tidak seperti paket Japan Super Sale. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com