Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Pesona Taman Nasional Ujung Kulon Banten, Habitat Badak Bercula Satu

Kompas.com - 07/09/2023, 18:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Taman Nasional Ujung Kulon merupakan salah satu kawasan konservasi yang terletak di ujung barat Pulau Jawa. Tepatnya, di Kecamatan Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Taman Nasional Ujung Kulon identik dengan keberadaan badak bercula satu. Selain itu, kawasan konservasi ini mempunyai hamparan pantai pasir putih yang eksotis.

Baca juga:

Dengan sejumlah daya tarik itu, Taman Nasional Ujung Kulon menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Jawa Barat. Kompas.com merangkum pesona Taman Nasional Ujung Kulon sebagai berikut.

1. Luas 122.956 hektare

Pulau Peucang di Taman Nasional Ujung Kulon, BantenShutterstock/Radius Mutiha RH Pulau Peucang di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten

Taman Nasional Ujung Kulon memiliki luas mencapai 122.956 hektare, terdiri dari kawasan darat sebesar 78.619 hektare dan perairan sebesar 44.337 hektare, berdasarkan informasi dari website resminya.

Kawasan seluas 122.956 hektare ini, menyimpan beragam kekayaan flora dan fauna yang telah tersohor hingga mancanegara.

2. Ditemukan oleh ahli asal Jerman 

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan salah satu kawasan konservasi tertua di Indonesia. Berdasarkan informasi dari situs resminya, taman nasional ini ditemukan oleh seorang ahli Botani Jerman, Franz Wilhelm Junghuhn pada 1846. 

Jadi, usianya kini mencapai 177 tahun. Menurut sejarah, kala itu Franz Wilhelm Junghuhn tengah mengumpulkan tumbuhan tropis. Usai ditemukan, kekayaan flora dan fauna Ujung Kulon mulai dikenal oleh para peneliti.

Bahkan perjalanan Franz Wilhelm Junghuhn ke Ujung Kulon ini, sempat masuk di dalam jurnal ilimiah skala internasional beberapa tahun kemudian.

Baca juga:

3. Saksi letusan dahsyat Gunung Krakatau 

Ilustrasi - Foto erupsi Gunung anak Krakatau, letusan Gunung Krakatau.SHUTTERSTOCK/feygraphy Ilustrasi - Foto erupsi Gunung anak Krakatau, letusan Gunung Krakatau.

Ujung Kulon merupakan saksi letusan dahsyat Gunung Krakatau pada 1883 silam, seperti dikutip dari Pesona Indonesia. Antara Ujung Kulon dan Gunung Krakatau dipisahkan oleh Selat Sunda.

Letusan dahsyat Gunung Krakatau yang menghasilkan gelombang tsunami setinggi kurang lebih 15 meter tersebut, meluluhlantakkan Ujung Kulon. Mulai dari pemukiman penduduk, satwa hingga vegetasi yang menghuni kawasan ini.

Meskipun letusan Gunung Krakatau menyapu bersih kawasan Ujung Kulon, namun kehidupan di Ujung Kulon kembali bangkit. Beberapa tahun kemudian, ekosistem vegetasi dan satwa di Ujung Kulon kembali tumbuh dengan baik.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com